40 Anggota DPRD Padang Pariaman Ikuti Orientasi Tugas, Gubernur Ingatkan Pentingnya Keselarasan RPJMD dengan RPJMN

Rabu, 28 Agustus 2024, 12:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Padang Pariaman
40 Anggota DPRD Padang Pariaman Ikuti Orientasi Tugas, Gubernur Ingatkan Pentingnya...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memasangkan tanda peserta orientasi tugas pada perwakilan anggota DPRD Padang Pariaman periode 2024-2029 di Padang, Selasa. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (27/8/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menegaskan, RPJM Daerah provinsi dan kabupaten/kota, harus linear dengan RPJM Nasional.

Alasannya, dalam pelaksanaan program di daerah, juga melibatkan dukungan penganggaran dari pusat dan provinsi, sehingga diharapkan pembangunan yang dilakukan betul-betul sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

"Jika program pusat, provinsi, dan kabupaten/kota tidak linear, maka hasil pembangunan tidak akan maksimal. Sehingga butuh keselarasan," ungkap Mahyeldi.

Hal itu dikatakannya, saat membuka kegiatan orientasi Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman di Padang, Selasa.

Baca juga: Pawai Alegoris 2024, Diskominfo Agam Tampilkan Capaian Program Prioritas Bupati

Dikesempatan itu, Mahyeldi menekankan pentingnya menyelaraskan program pembangunan antara pusat dan daerah yang termuat dalam RPJMN dan RPJMD.

Namun di sisi lain, terang dia, sebagai wakil rakyat, anggota dewan juga harus mendengar harapan masyarakat yang diwakili serta mengartikuliasikannya melalui program-program yang dilaksanakan bersama pemerintah eksekutif.

"Dilantiknya Bapak/Ibu sebagai Anggota DPRD untuk masa jabatan 2024-2029 ini berbeda dengan periode-periode sebelumnya. Sebab, tahun depan pelaksanaan pemerintahan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029," ujar Mahyeldi.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar, Desniarti menyebutkan, kegiatan orientasi bagi anggota DPRD Padang Pariaman ini diikuti 40 anggota legislatif yang terpilih dan telah dilantik.

Baca juga: 18 Pejabat Administrator dan Pengawas Pemprov Sumbar Dilantik, Mahyeldi: Seleksi Sudah Sesuai Aturan

Terdiri dari 16 anggota DPRD petahana dan 24 anggota DPRD baru.

Halaman:

Penulis: Devan Alvaro
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: