150 Korban Banjir Lahar Dingin Tanah Datar Dibangunkan Rumah Relokasi di BBI Rambatan

Jumat, 13 September 2024, 06:39 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
150 Korban Banjir Lahar Dingin Tanah Datar Dibangunkan Rumah Relokasi di BBI Rambatan
Gubernur Sumbar, Mahyeldi meletakan batu pertama pembangunan rumah bagi korban banjir lahar dingin di kawasan Balai Benih Induk (BBI) Ladang Lawas Rambatan, Kamis. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

TANAH DATAR (12/9/2024) - Relokasi terpadu pembangunan rumah bagi masyarakat terdampak bencana banjir lahar dingin di Kabupaten Tanah Datar, dibangun di atas tanah seluas 3,8 hektar, tepatnya di kawasan Balai Benih Induk (BBI) Ladang Lawas Rambatan.

Lokasi tersebut merupakan aset Pemprov Sumbar yang dihibah kepada Pemkab Tanah Datar. Diperkirakan, di lahan tersebut cukup untuk membangun sekitar 150 unit rumah.

"Ttahap pertama, Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera 3 Kementerian PUPR, akan membangun 60 unit rumah. Peruntukannya untuk korban bencana di daerah Kabupaten Tanah Datar," ungkap Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

Hal itu dikatakannya, saat peletakan batu pertama pembangunan rumah relokasi, Kamis. Pembangunan tersebut ditargetkan selesai dalam waktu 134 hari atau sekitar empat bulan.

Baca juga: Gubernur Kumpulkan Admin Medsos OPD Pemprov Sumbar, Ini Arahannya

"Kedepan, secara bertahap akan dilanjutkan untuk daerah terdampak lainnya," ungkap Mahyeldi.

Mahyeldi berharap, proses pembangunan dapat rampung lebih cepat dari target yang telah ditetapkan, karena ini menyangkut kebutuhan dasar masyarakat.

Diketahui, total luas lahan di kawasan Balai Benih Induk (BBI) Ladang Lawas Rambatan yang menjadi lokasi pembangunan rumah relokasi terpadu sekitar 20 hektar, sumber airnya juga lancar.

Sehingga, cocok untuk dimanfaatkan masyarakat penerima manfaat rumah relokasi sebagai area cocok tanam penunjang ekonomi keluarga.

Baca juga: Reuni Gadang 2024 IASMA Landbouw, Ini Pesan Gubernur Sumbar

"Saya berharap, mereka yang tinggal disini nantinya bisa bekerjasama dengan dinas terkait dalam rangka penyiapan benih dan berbudi daya ikan di lahan yang luasnya 20 hektar ini, khususnya bagi tanaman padi dan jagung," harap Mahyeldi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: