Sumbar Miliki Pabrik Pengolahan Kayu Putih jadi Minyak Atsiri dan Baby Oil, Ini Kata Gubernur

Kamis, 04 Juli 2024, 09:11 WIB | Bisnis | Kab. Padang Pariaman
Sumbar Miliki Pabrik Pengolahan Kayu Putih jadi Minyak Atsiri dan Baby Oil, Ini Kata...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Muslim M Yatim (anggota DPD RI), menggunting pita peresmian pabrik PT Alam Anugerah Esensi (Arsens), di Guguak Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Senin. (humas)

PADANG PARIAMAN (1/7/2024) -- PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) bangun pabrik di Guguak Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Padang Pariaman.

Perusahaan yang mengolah bahan baku produk pertanian masyarakat Sumbar itu yakni Pohon Kayu Putih, menghasilkan produk minyak atsiri dan baby oil merk Essens.

"Hilirisasi produk pertanian adalah salah satu fokus Pemprov Sumbar, yang telah dituangkan dalam RPJPD Sumbar 2025-2045," ucap Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat meresmikan pabrik PT Arsens, Senin.

Dikatakan Mahyeldi, kehadiran PT Arsens yang dimiliki warga asli Sumbar, juga telah dan akan terus membuka peluang bekerja bagi anak-anak Minang.

Baca juga: RSUD M Natsir Solok Miliki Layanan Jantung Intervensi

"Kita berharap, agar perusahaan ini semakin berkembang dan bisa bersaing hingga tingkat nasional," terangnya.

"Semakin baik perkembangan perusahaan ini, maka akan semakin banyak manfaat yang akan dirasakan oleh daerah kita," tambah Mahyeldi yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Lila Yanwar; Kepala Biro Adpim, Mursalim dan Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Erinaldi.

Sementara itu, Dasril selaku perwakilan direksi PT Arsens menyebutkan, kehadiran perusahaan tersebut dilatarbelakangi kebutuhan masyarakat akan produk-produk yang berasal dari alam alias produk yang lebih alami.

Oleh karena itu, perusahaan yang diprakarsai oleh anak-anak asli Sumbar tersebut, berupaya memanfaatkan potensi alam yang ada di Sumbar untuk menghasilkan produk minyak atsiri.

Baca juga: Gubernur Jamu Keluarga Besar Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi di Istana Gubernuran, Ini Peluang yang Dibicarakan

"Dari segi potensi sumber daya alam, Indonesia terus menjadi incaran banyak negara. Jika sebelumnya Indonesia menjual bahan mentah ke luar negeri," terangnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: