Tuo Silek Batang Anai Gelar Silaturahmi, Ini Harapan Gubernur Sumbar

Senin, 05 Agustus 2024, 14:15 WIB | Olahraga | Kab. Padang Pariaman
Tuo Silek Batang Anai Gelar Silaturahmi, Ini Harapan Gubernur Sumbar
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi tuo dan anak silek kecamatan Batang Anai, foto bersama usai pembukaan Silaturahmi Tuo Silek di Korong Olo Bangau, Nagari Katapiang, Batang Anai, Ahad. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG PARIAMAN (4/8/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menegaskan, Silek adalah bagian dari tradisi dan budaya Minangkabau.

"Kita wajib menjaga dan melestarikannya, sebagai salah satu identitas diri yang diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang kita," kata Mahyeldi.

Hal itu ditegaskan Mahyeldi yang didampingi Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Mursalim saat menghadiri Silaturahmi Tuo Silek di Korong Olo Bangau, Nagari Katapiang, Batang Anai, Ahad.

Dikesempatan itu, Mahyeldi mengapresiasi Ikatan Guru Silek Sakato se-Kabupaten Padang Pariaman, yang terus berupaya mengajak generasi muda untuk melestarikan khasanah kebudayaan Minang lewat Silek.

Baca juga: Payakumbuh jadi Tuan Rumah Festival Silat Tradisi Nusantara, Pesilat 8 Provinsi Siap Meramaikan

Dikatakan Mahyeldi, kearifan lokal Minangkabau tampak nyata dari pola hidup masyarakat yang menjujung tinggi adat dan agama, sehingga hadirlah falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) sebagai katakteristik utama.

Silek sendiri, merupakan salah satu perwujudan dari kearifan lokal yang mengandung banyak makna dan pengajaran.

"Jika sebelumnya ABS-SBK hanya sebatas Perda, maka sejak Tahun 2022 yang lalu, telah dituangkan dalam UUD No 17 Tahun 2022. Artinya, nilai ABS-SBK sudah diakui oleh Negara secara de factodande jure," ujar Mahyeldi.

Pada prinsipnya, sambung Mahyeldi, adat berlaku salingka nagari. Sementara itu, pengamalannya bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan sesama manusia dan juga memperkuat hubungan manusia dengan Allah SWT.

Baca juga: Ulama dan Tokoh Minang Bersatu Doakan Ganjar Pranowo Presiden RI 2024

"Silek juga bagian dari sarana pendidikan kita dalam pembentukan karakter masyarakat, serta merajut tali silaturrahim."

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: