Mahyeldi: Potensi Gempa Megathrust Mentawai Sudah Diinformasikan sejak Lama

Kamis, 12 September 2024, 23:01 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Mahyeldi: Potensi Gempa Megathrust Mentawai Sudah Diinformasikan sejak Lama
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menemani Kepala BNPB saat meninjau lokasi bencana banjir lahar dingin di Tanah Datar, beberapa waktu lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (11/9/2024) - Gubernur Sumbar, Mahyeldi menegaskan, potensi gempa yang disertai tsunami akibat megathrust Mentawai di Siberut Utara, merupakan informasi yang sudah dipublikasikan sejak lama.

Masyarakat, terang dia, diharapkan tidak belebihan dalam menyikapi potensi bencana itu. Masyarakat mesti fokus dalam meningkatkan kesiapsiagaan.

"Sampai saat ini, belum ada ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu memprediksi kapan terjadinya gempa berpotensi tsunami tersebut," ungkap Mahyeldi di Padang, Kamis.

Menurut dia, masyarakat hanya bisa berupaya untuk mengurangi resiko. Salah satu caranya, tidak boleh panik saat menghadapi bencana.

Baca juga: Gubernur Kumpulkan Admin Medsos OPD Pemprov Sumbar, Ini Arahannya

Selain itu, potensi bencana yang mengancam wilayah Sumatera Barat, tak hanya gempa dan tsunami. Sebab segala jenis bencana berpotensi ada di daerah ini, karena Sumbar ibaratnya etalase bencana.

Dari pemetaan yang dilakukan BPBD Sumbar sejak tahun 2014-2022, sedikitnya terjadi 6.274 bencana di seluruh kabupaten/kota.

Jika dirinci, maka ada 6 jenis bencana yang sering terjadi dan berulang yaitu angin kencang, longsor, banjir, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), banjir bandang dan abrasi pantai.

"Bencana yang terjadi pada setiap kabupaten/kota itu skalanya berbeda sesuai dengan kondisi geografis daerah."

Baca juga: Reuni Gadang 2024 IASMA Landbouw, Ini Pesan Gubernur Sumbar

"Untuk itu, setiap daerah harus memiliki peta bencana sehingga masing-masing daerah dapat lebih fokus pada mitigasi sesuai potensi bencana yang kerap terjadi di daerahnya," kata Mahyeldi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: