Sistem Satu Arah Padang-Bukittinggi Diujicoba, Catat Tanggal dan Waktu Pemberlakuannya Selama Libur Lebaran 2024

Jumat, 05 April 2024, 22:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Padang Pariaman
Sistem Satu Arah Padang-Bukittinggi Diujicoba, Catat Tanggal dan Waktu Pemberlakuannya...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Irjen Suharyono (Kapolda Sumbar), Thabrani (BPJN Sumbar) dan jajaran, lakukan ujicoba sistem satu arah Padang-Bukittinggi di Simpang Tiga Sicincin, Jumat. (humas)

PADANG PARIAMAN (5/4/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi sampaikan terima kasih atas gerak cepat Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) yang dengan sigap merapikan jalur-jalur utama jelang Libur Lebaran Idul Fitri 1445 H/ 2024 M.

Selain itu, Mahyeldi juga mengapresiasi gerak cepat BPJN yang memperlebar sekaligus melakukan pengasapan ulang jalan di perlintasan Kereta Api Duku yang telah berbilang tahun jadi sumber kemacetan di ruas jalan Padang-Bukittinggi.

"Kami ucapkan terima kasih pada seluruh pihak, yang berupaya menghadirkan lebaran yang nyaman bagi masyarakat di Sumbar. Jajaran Forkopimda di bawah koordinasi Polda Sumbar dan lainnya," ucap Mahyeldi.

Dikesempatan itu, Mahyeldi didampingi Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono juga meresmikan uji coba pemberlakuan jalan satu arah (one way) di Simpang Tiga Manunggal Sicincin, Padang Pariaman, Jumat pagi.

Dikesempatan itu, Mahyeldi menyebutkan, Pemprov Sumbar bersama unsur Forkopimda Sumbar terus berupaya memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat dapat menikmati momen perayaan Idul Fitri yang berkesan dan menyenangkan.

Salah satunya dengan mengulangi pemberlakuan sistem satu arah Jalur Padang-Bukittinggi yang sukses diberlakukan pada lebaran Idul Fitri 2023 lalu.

"Alhamdulillah, kita bersama Bapak Kapolda hari ini menguji coba pemberlakuan sistem one way. Seperti tahun lalu, terobosan ini terbilang sukses untuk memecah persoalan kemacetan bagi masyarakat kita yang melalui jalur Padang-Bukittinggi selama masa lebaran," ucap Mahyeldi.

Selain pemberlakuan sistem one way untuk jalur transportasi darat, Mahyeldi bersama Forkopimda terkait juga tengah mempersiapkan rencana antisipasi gangguan penerbangan seiring erupsi Gunung Marapi yang masih terjadi hingga saat ini.

Rekayasa hujan buatan menjadi salah satu opsi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Sementara itu, Irjen Pol Suharyono menyebutkan, pemberlakuan one way jalur Padang-Bukittinggi akan berlaku mulai tanggal 7 hingga 15 April 2024, kecuali pada hari H Lebaran pada tanggal 10 Februari 2024.

Hanya saja, terdapat sedikit perubahan dari pemberlakuan sistem one way tahun ini ketimbang pemberlakuan pada tahun sebelumnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: