Irfendi Arib Kukuhkan Lima Niniak Mamak Sungai Baringin

Selasa, 11 Juli 2017, 18:28 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Irfendi Arib Kukuhkan Lima Niniak Mamak Sungai Baringin
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi memberikan selamat pada empat orang yang dikukuhkan sebagai penghulu di Nagari Sungai Baringin, Selasa (11/7/2017). (humas)

VALORAnews - Nagari Sungai Beringin, mengukuhkan Lima Niniak Mamak, dalam acara baralek Batagak Penghulu, di Halaman Kantor Kerapatan Adat Nagari Sungai Beringin, Selasa (11/7/2017). Alek Batagak penghulu itu, dihadiri Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dan Camat Payakumbuh, Aimel Nazra.

Ikut hadir, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sungai Beringin, A Dt Gindo Malano, Walinagari Sungai Beringin, Lukman Hakim Dt Sinaro Nan Babudi, Kapolsek Payakumbuh AKP Hikmah, anggota DPRD, niniak mamak, bundo kanduang, beserta ratusan anak nagari Sungai Beringin.

Ketua Panitia Batagak Penghulu, S Dt Bandaro Sati mengatakan, acara ini sudah direncanakan beberapa bulan lalu melalui musyawarah mufakat. Akhirnya, berkat iuran dari kaum yang dikukuhkan kegiatan batagak penghulu ini bisa dilaksanakan sekarang.

Dikatakan, niniak mamak yang dikukuhkan itu adalah, Hariadi Yanis dengan Gala Dt Sinaro Kayo dari pasukuan kampuang Bodi suku Caniago, Teddi Arman, dengan gala Dt Sinaro Nan Elok, dari kampung Bodi, suku Caniago.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Selanjutnya, Yundrianto Dt Panjang Lida dari kampuang Caniago, suku Caniago. Toni Markos Dt Sinaro Rajo, kampung Simabur Suku sembilan. Terakhir, Abdur Rahman, dengan gala Dt Gindo Bosa, Kampung Sipisang, Suku Sembilan.

"Pengukuhan dan pembacaan sumpah dilakukan pucuak adat, untuk selanjutnya dipasangkan keris oleh Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi. Pengukuhan itu, empat mamak mangombang nan talipek dan satu lagi mangguguran mambaok tauladan," ujarnya.

Sementara, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengharapkan, niniak mamak yang baru dilantik bisa menjalankan amanah dan lebih memperhatikan sanak kemanakan, sehingga bisa menjadi panutan dalam masyarakat.

"Kita ucapkan selamat pada Niniak Mamak yang baru saja dilantik, mudah-mudahan tugas dan fungsi niniak mamak ini difungsikan kembali ketengah masyarakat terutama kepada anak dan kemanakannya. Harapan kita, niniak mamak kedepan juga ikut berperan aktif dalam memajukan pembangunan di kabupaten Limapuluh Kota," harapnya.

Baca juga: HJK Limapuluh Kota ke-183, Mahyeldi Bagikan Kunci Sukses Penyelenggaraan Pembangunan dan Pemerintahan

Menurut Irfendi, jika semua ninik mamak telah menjalankan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat dan anak kemenakan, maka diyakini Kabupaten Limapuluh Kota akan lebih baik kedepan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: