PENDIDIKAN: Di Pessel, Kemampuan Literasi Siswa Meningkat 14,43 Persen

Selasa, 30 April 2024, 01:05 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PENDIDIKAN: Di Pessel, Kemampuan Literasi Siswa Meningkat 14,43 Persen
Kadis Pendidikan Pessel, Salim Muhaimin. FOTO: Dok Diskominfo Pessel

PESISIR SELATAN (30/4/2024) - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat mengatakan, kemampuan literasi siswa di daerahnya mengalami peningkatan sebesar 14,43 persen.

"Khusus nilai Kemampuan Literasi, mengalami peningkatan signifikan. Di mana pada tahun 2022 sebesar 49,07, menjadi 63,50 di tahun 2023. Ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 14,43 persen," ucap Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Pessel, Salim Muhaimin, dalam relis Diskominfo, Selasa.

Salim menambahkan, sejak tahun 2022, Kemendikbud mengeluarkan sebuah platform yang bertujuan mengukur indikator kinerja pendidikan daerah, yaitu: Rapor Pendidikan.

Dimana, Rapor Pendidikan adalah, indikator terpilih dari profil pendidikan, yang merefleksikan prioritas kemendikbud ristek. Dan, digunakan untuk menilai kinerja daerah dan satuan pendidikan.

Baca juga: Di Pessel, Indeks Pencapaian SPM Pendidikan Capai 68,3 Persen

Rapor Pendidikan, mengeluarkan beberapa indikator strategis, diantaranya: Kemampuan Literasi dan Kemampuan Numerasi.

Kemampuan Literasi: kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi, saat melakukan proses membaca dan menulis.

Sedangkan, Kemampuan Numerasi: kemampuan seseorang untuk memahami, menggunakan, dan berinteraksi dengan angka, serta konsep matematika, dalam kehidupan sehari-hari.

"Nilai kemampuan Numerasi, juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dimana pada tahun 2022 sebesar 31,35, di tahun 2023 menjadi 59,79 . Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 28,44 persen," ujar Salim.

Baca juga: Di Pessel, Usia Harapan Hidup Masyarakat Capai 73,27 Persen

Di Pessel, juga terjadi peningkatan trend rata-rata lama sekolah, jika dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.

Halaman:

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: