Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Kamis, 25 April 2024, 13:46 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi.

PADANG (25/4/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menyatakan, munculnya desa wisata dengan beragam unggulan, jadi salah satu faktor pendongkrak kunjungan wisatawan.

Merujuk data sementara, ungkap Mahyeldi, kunjungan wisatawan selama musim Lebaran 1445 H/2024 M ini, terjadi lonjakan kunjungan hingga 100 persen. Desa Wisata memberikan porsi signifikan dalam meningkatnya kunjungan itu.

"Peningkatan kunjungan wisatawan ini, tak lepas dari suksesnya program kepariwisataan di Sumbar terutama sekali program desa wisata," ungkap Mahyeldi di Padang, Kamis.

Menurut Mahyeldi, destinasi desa wisata ini akan terus diberikan perhatian dan pembinaan secara berkelanjutan kedepannya.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

"Alhamdulillah, setahap demi setahap, program bidang kepariwisataan yang kita jalankan berbuah hasil yang sangat baik. Kunjungan wisatawan setiap tahun terus melebihi target," ungkap Mahyeldi.

Disebutkan, tahun 2023 lalu, dari 8,2 juta target kunjungan, realisasinya mencapai 11,2 juta kunjungan.

Oleh karena itu, terangnya, kunjungan tahun 2024 ini ditargetkan 13,5 juta orang, dengan harapan realisasinya kembali melebihi target.

Sementara, akademisi pariwisata dari Prodi Pariwisata Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Muhammad Fadhli menilai, perhatian Pemprov Sumbar terhadap pengembangan pariwisata berbasis masyarakat telah membuahkan hasil positif.

Baca juga: Bencana Lahar Dingin Sumbar, BSI Bantu Rp200 Juta, Apical Grup Distribusikan 6 Ton Minyak Goreng

Menurutnya, kepedulian dan upaya yang dilakukan sejauh ini perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan, terkhusus dalam pengembangan desa wisata.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: