Mahyeldi Bantu 5 Ribu Bibit Ikan Nila dan Tawas untuk Pokmaswas Perikanan Sungayang

Selasa, 13 Februari 2024, 09:15 WIB | Bisnis | Kab. Tanah Datar
Mahyeldi Bantu 5 Ribu Bibit Ikan Nila dan Tawas untuk Pokmaswas Perikanan Sungayang
Gubernur Sumbar, Mahyeldi melepas bibit ikan Nila dan Tawas pada kolam larangan di Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang, Tanah Datar, Senin. (humas)

TANAH DATAR (12/2/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi mengingatkan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Perikanan Kecamatan Sungayang, bahwa sektor perikanan adalah salah satu pendukung utama dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat bersama juga dengan tanaman pangan dan hortikultura.

"Penyaluran bibit ini adalah bagian dari langkah pengembangan ekonomi masyarakat. Patut Pomaswas pahami, membudidayakan ikan adalah bagian dari menjaga ketahanan pangan," ucap Mahyeldi, Senin.

Hal itu dikatakan Mahyeldi, saat menyerahkan bantuan 5.000 bibit Ikan Nila dan Ikan Tawas bagi Pokmaswas Perikanan di Jorong Minang Jaya, Nagari Minangkabau.

Penyerahan bantuan ikan ini, diawali dengan kegiatan Makan Bajamba lalu diikuti pelepasan Bibit Ikan di Lokasi Ikan Larangan Nagari Minangkabau.

Baca juga: Tingkatkan Produksi Padi, Petani Nagari Sungayang Tanah Datar Lakukan Ini

Dijelaskan Mahyeldi, meski pun kebutuhan protein hewani tidak sebesar kebutuhan karbohidrat, tetapi kecukupan protein hewani menjadi sangat penting bagi penduduk.

Terutama sekali bagi penduduk yang masih dalam masa pertumbuhan dan penduduk pada usia produktif.

Bantuan bibit Ikan Nila dan Ikan Tawas ini berasal dari Balai Benih UPTD BBIS Sicincin Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Sumbar.

Penyaluran sendiri memang ditujukan bagi masyarakat yang sudah memilki dan tergabung dalam Pokmaswas.

Baca juga: Bupati Tanah Datar Minta Pelajar SMAN 1 Sungayang Tak Jadi Siswa Biasa

Dikesempatan itu, Mahyeldi juga mengajak Pokmaswas beserta pemuda agar terus berupaya mengeksplorasi potensi yang terdapat di nagari.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: