Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung Digelar Dua Hari, Ini Dampaknya Bagi Warga

Minggu, 08 Oktober 2023, 19:30 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung Digelar Dua Hari, Ini Dampaknya Bagi Warga
Makan bajamba di dalam Istano Silinduang Bulan Pagaruyung sebagai salah satu kegiatan Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung. (humas)

TANAH DATAR (8/10/2023) - Bupati Tanah Datar, Eka Putra membuka Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung di Istano Silinduang Bulan.

Acara selama dua hari ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti arak-arakan 1.000 Lapek Kuniang, makan Bajamba, jelajah wisata alam Pagaruyung, permainan anak Nagari dan lomba Yasinan.

Bupati menyebut digelarnya Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung ini hendaknya berdampak positif bagi masyarakat.

"Melalui Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung ini banyak manfaat yang didapat seperti pelestarian adat, budaya dan kekayaan budaya Nagari Pagaruyung ke masyarakat," kata Eka.

Baca juga: Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan di Padang, Progres Hari Keempat Capai 60 Persen

Bupati mengapresiasi kegiatan anak nagari ini sebagai bentuk eksistensi seluruh elemen masyarakat yang berupaya melestarikan adat dan budaya daerahnya.

"Event yang kedua kali digelar ini, juga sebagai wadah memperkenalkan UMKM yang akan meningkatkan perekonomian," tutur Eka.

Sementara itu, Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Pagaruyung Darur Qoror Sultan Muhamad Farid Thaib Tuanku Abdul Fatah mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung.

"Melalui kegiatan ini masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas di lingkungan Istano Silinduang Bulan, yang memang diperuntukan bagi masyarakat," tutur Farid.

Baca juga: Distribusi Logistik Pemilu 2024, KPU Padang Targetkan Tuntas H-1 Pencoblosan pada 2.681 TPS

Wali Nagari Pagaruyung Irmaidinal mengatakan Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung sebagai wadah bagi anak nagari untuk menjalin silaturahmi satu dengan lainnya.

Halaman:

Penulis: Irfan Taufik
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: