Gubernur Jelajahi Nagari Pariangan hingga Nikmati Pesona Danau Singkarak dari Puncak Payo

Senin, 06 Februari 2017, 09:34 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Gubernur Jelajahi Nagari Pariangan hingga Nikmati Pesona Danau Singkarak dari Puncak Payo
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama Tim Trabas Sumbar I, foto bersama di Puncak Payo Rapuih di Nagari Batipuah, Tanahdatar, Minggu (5/2/2017). Aksi trabas gubernur ini sekaligus dimaksudkan untuk promosi wisata. (humas)

VALORAnews - Sumbar memiliki destinasi wisata trabas yang luar biasa dengan berbagai pilihan rute dan jenis level track. Salah satu yang cukup menantang dan penuh pesona yakni jalur dari Nagari Pariangan menuju Puncak Payo di Nagari Batipuh Bawah, Kabuapten Tanahdatar.

"Track ini dimulai dari sebuah desa terindah di dunia, Nagari Pariangan. Sesampainya di puncak Payo, suguhan pemandangan sangat mempesona, Danau Singkarak yang kelihatan setiap sisinya," ungkap Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Minggu (5/2/2017).

Pada Minggu itu, Irwan dan Tim Trabas Sumbar I, memulai olahraga motorcross ini dari Nagari Pariangan di Tanahdatar, kemudian berlanjut ke Kubu Gadang di Kota Padangpanjang hingga Puncak Payo Rapuih di Nagari Batipuah, Tanahdatar. Selain bersosialisasi dengan masyarakat, agenda Irwan dan Tim Trabas Sumbar I ini sekaligus melakukan promosi wisata.

Dalam kunjungan dengan motor trabas ini, Irwan dan rombongan juga menyerahkan bantuan dari Baznas Sumbar untuk warga yang kurang mampu di daerah yang dikunjungi. Selain itu, juga menyerahkan bantuan 400 bibit tanaman pada warga di antaranya jeruk, alpukat, kakao dan kopi.

Baca juga: PILKADA 2024: Kian Panas, Birokrat Senior Pemprov Sumbar ikut Berebut Tiket Partai di Pessel

"Saya harapkan, warga yang mendapatkan bantuan, agar memanfaatkannya semaksimal mungkin. Bantuan ini akan saya kunjungi kembali bulan depan, apakah sudah ditanam atau belum," tukas Irwan.

Motorcross Trabas merupakan termasuk olahraga fisik yang keras. Olah raga ini merupakan salah satu hobi Irwan Prayitno. Menurut Irwan, hal ini dilakukannya, untuk memotivasi dan mendorong generasi muda serta masyarakat, untuk peduli akan kemajuan pembangunan Sumatera Barat yang sejahtera dan bermartabat.

Untuk jadi populer dimata wisatawan, terang Irwan Prayitno, promosi wisata harus terus dilakukan secara bersama-sama. Promosi ini jadi kata kunci dari pengembangan pariwisata di Sumbar. "Sumbar ini sangat banyak destinasi yang masih belum diketahui secara luas oleh wisatawan. Berbagai langkah dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di berbagai kabupaten/kota, harus terus dilakukan agar dapat dilirik wisatawan," terangnya.

Baca juga: Gubernur Sumbar Ajak Danrem 032/Wbr Susuri Jalan Tol Padang-Sicincin dengan Motor Trabas

"Kita hanya butuh promosi. Ibarat mutiara masih terbenan, harus dibuka dan dipromosikan agar menarik orang untuk melihat dan datang. Destinasi wisata di Sumbar ini banyak yang bagus dan indah, pengelolaan juga telah dilakukan. Tinggal bagaimana kita untuk memfokuskan promosi destinasi wisata yang ada di Sumbar," sebut saat berada wisata Puncak Pusaran Angin yang terletak di Barat Danau Singkarak, tepatnya di Jorong Payo Rapuih, Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh, Tanahdatar.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: