BUMNAG Dibentuk, Pagaruyung Disulap Jadi Nagari Wisata

Jumat, 18 Maret 2016, 12:05 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
BUMNAG Dibentuk, Pagaruyung Disulap Jadi Nagari Wisata
Istana Silinduang Bulan, di Nagari Pagaruyung, Kabupaten Tanahdatar. (klikhotel.com)

VALORAnews - Pemkab Tanah Datar bakal menjadikan Nagari Pagaruyung di Kecamatan Tanjung Emas sebagai nagari wisata. Tak hanya memiliki Istana Baso Pagaruyung yang menjadi objek wisata andalan, Nagari Pagaruyung juga memiliki situs-situs sejarah lainnya yang pantas 'dijual'.

Menurut Camat Tanjung Emas, Elvi Sandri, tekad menjadikan nagari Pagaruyung sebagai nagari wisata didukung dengan telah terbentuknya Badan Usaha Miliki Nagari (Bumnag) Pagaruyung beberapa waktu yang lalu sebagai wadah yang akan mendorong peningkatan perekonomian anak nagari khususnya bidang pariwisata.

Bupati Irdinansyah Tarmizi mengapresiasi langkah nagari Pagaruyung sebagai nagari wisata. Pemerintah daerah akan mendukung penuh program di sektor pariwisata terus berkembang. Pengembangannya kelak memberi kontribusi yang besar terhadap pendapatan daerah sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Beberapa rencana kegiatan telah kita siapkan untuk mendukung pengembangan pariwisata di Istano Basa Pagaruyung seperti pembangunan kios, penataan parkir dan lainnya," ujar Irdinansyah.

Baca juga: Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung Digelar Dua Hari, Ini Dampaknya Bagi Warga

Dia berharap adanya komitmen yang serius dari masyarakat Pagaruyung terhadap tekad tersebut. Selain itu, masyarakat juga perlu mendukung terwujudnya pariwisata yang aman dan nyaman bagi pengunjung. (lok/rel)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: