Walau Mobil Dinas Nyaris Terseret Longsor di Sitinjau Lauik, Mahyeldi Tetap Turuni Jurang Ikut Evakuasi Korban

Minggu, 12 Mei 2024, 20:15 WIB | News | Kota Padang
Walau Mobil Dinas Nyaris Terseret Longsor di Sitinjau Lauik, Mahyeldi Tetap Turuni Jurang...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan sejumlah staf, tengah mengevakuasi korban terseret material longsor di jurang Sitinjau Lauik, Ahad sore. (humas)

PADANG (12/5/2024) - Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan rombongan, nyaris jadi korban longsor di jalur ekstrem Sitinjau Lauik, Ahad sore sekitar pukul 16.15 WIB.

"Saat longsor terjadi di Sitinjau Lauik, kejadiannya persis saat rombongan kendaraan gubernur Sumbar melewati kawasan itu, usai meninjau banjir dan longsor di Kabupaten Tanah Datar," ungkap Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Mursalim.

Walaupun rombongan mobil gubernur selamat, ungkap Mursalim, dua unit kendaraan minibus yang ada di belakang, terbawa material lonsor hingga ke dalam jurang sedalam 30 meter.

Berdasarkan informasi yang diterima dari tim yang mendampingi perjalanan peninjauan longsor di sejumlah daerah, ungkap Mursalim, Mahyeldi beserta rombongan tim humas dibantu beberapa warga., langsung turun ke dasar jurang untuk melakukan evakuasi korban.

Baca juga: Mahyeldi Paparkan Beda Fasilitas Antisipasi Bencana di Gunung Marapi Sumbar dan Merapi Yogyakarta ke Komisi V DPR RI

Diketahui, ada 6 orang yang jadi korban dari terseretnya 2 kendaraan minibus tersebut. Seorang di antaranya terjepit pintu dan kritis. Sementara 5 orang lainnya luka-luka.

"Hingga saat ini, proses evakuasi masih berlangsung. Namun, gubernur dan rombongan mengalami kesulitan karena terbatasnya peralatan dan pencahayaan," jelas Mursalim.

Mursalim tidak bisa memastikan, apakah saat ini regu penolong telah sampai di lokasi atau belum.

"Kita tadi hanya tersambung melalui telpon dengan tim yang di lapangan, itu pun putus-putus," terangnya.

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

"Sebab, signal di daerah tersebut memang kurang bagus. Tapi yang pasti gubernur selamatdan evakuasi korban saat ini sedang diupayakan," pungkasnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: