Wakil Rektor UIN Batusangkar Luncurkan Buku Dari Surau untuk Indonesia, Ini Kata Mahyeldi

Kamis, 09 Mei 2024, 12:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Wakil Rektor UIN Batusangkar Luncurkan Buku Dari Surau untuk Indonesia, Ini Kata Mahyeldi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menerima Buku Dari Surau untuk Indonesia dari penulisnya, Dr Sirajul Munir pada kegiatan peluncuran di Kampus UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Rabu. (humas)

TANAH DATAR (8/5/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menilai, buku 'Dari Surau untuk Indonesia' semakin menegaskan posisi surau sebagai identitas budaya dan agama dalam kehidupan warga Minangkabau.

"Buku ini akan jadi salah satu karya monumental. Sebab, kita sadari bahwa posisi surau dalam kehidupan di Minangkabau, tak terlalu banyak dijelaskan dalam bentuk buku," ucap Mahyeldi.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat jadi pembicara pada acara dialog dan peluncuran buku 'Dari Surau untuk Indonesia' di Kampus UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Rabu. Buku ini ditulis Wakil Rektor III UIN Mahmud Yunus, Dr Sirajul Munir.

Ditegaskan Mahyeldi, kehadiran surau telah begitu lekat dan begitu dekat dengan kehidupan masyarakat di Sumbar.

Bahkan, Sumbar memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nagari yang juga dikenal dengan Perda Babaliak ka Surau.

"Artinya, nagari dan surau adalah suatu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Bagaikan aur dengan tebing," ujar Mahyeldi.

Selain jadi tempat untuk beribadah, kata Mahyeldi, surau juga jadi tempat untuk melaksanakan berbagai aktivitas pembangunan mental dan spiritual, terutama sekali bagi generasi muda Minangkabau.

Cara memposisikan surau dalam kehidupan tersebut, juga merupakan wujud peingmplementasian ajaran Nabi Muhammad SAW, dalam memposisikan masjid untuk berbagai kegiatan.

"Sayangnya, akhir-akhir ini budaya surau agak tergerus. Ini yang harus kita bangkitkan kembali. Terutama sekali untuk membangun mental dan fisik anak-anak kita," ucapnya.

Turut hadir sebagai pembicara dalam dialog tersebut, Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam UIN Imam Bonjol, Prof Duski Samad serta penulis Buku Dari Surau untuk Indonesia, Dr Sirajul Munir. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: