Pilkada Serentak 2024, Hanya 3 Bapaslon Perseorangan Serahkan Dukungan se-Sumbar, Bukittinggi dan Limapuluh Kota

Senin, 13 Mei 2024, 08:32 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Pilkada Serentak 2024, Hanya 3 Bapaslon Perseorangan Serahkan Dukungan se-Sumbar,...
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar, Ory Sativa Syakban.

PADANG (13/05/2024) - Bakal pasangan calon (Bapaslon) perseorangan untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 dipastikan tidak ada.

Penyerahan dokumen dukungan Bapaslon perseorangan ini sejak 8 hingga 12 Mei 2024 pada jam kerja. Khusus hari terakhir, pendaftaran diterima hingga pukul 23.59 WIB.

"Hingga tenggat waktu berakhir, tidak satu pasangan pun menyerahkan syarat dukungan calon perseorangan. Pada Pilkada 2020 lalu, juga tidak ada Bapaslon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan ini," ungkap Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar, Ory Sativa Syakban di Padang, Senin.

Sedangkan tingkat kabupaten/kota, ungkap Ory, Bapaslon perseorangan terdapat di Kota Bukitinggi (1 pasangan) dan Kabupaten Limapuluh Kota (2 pasangan).

Baca juga: Besok, 17 Kabupaten Kota di Sumbar Harus Tetapkan Hasil Pemilu 2024

Untuk Bapaslon perseorangan wali kota dan wakil wali kota Bukittinggi, mendaftar atas nama Nofil Anoverta dan Frisdoreja.

"Pasangan Nofil-Frisdoreja ini menyerahkan dukungan sebanyak 10.099 orang yang tersebar di 3 Kecamatan pada pukul 22.30 WIB di hari terakhir penerimaan berkas dukungan, 12 Mei," ungkap Ory.

Dukungan yang diserahkan Bapaslon Nofil-Frisdoreja ini menggunakan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dengan status penyerahan diterima.

Sedangkan di Kabupaten Limapuluh Kota, dua Bapaslon menyerahkan dukungan di menit-menit terakhir jelang penutupan.

Baca juga: KPPS Wajib Serahkan C-Pemberitahuan ke Setiap Pemilih, Yuk Kenali Formulir yang ada di TPS Pemilu 2024

Bapaslon pertama yang tuntas mengunggah dukungan di Silon yakni Ferizal Ridwan dan Dedi Henidal. Pasangan ini tercatat selesai menggunggah dukungan pada pukul 23.00 WIB dengan status penyerahan diterima.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: