PIN Polio Kecamatan Padang Timur, Kejar-Kejaran hingga Minta Tambah

Jumat, 26 Juli 2024, 23:15 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
PIN Polio Kecamatan Padang Timur, Kejar-Kejaran hingga Minta Tambah
Lurah Kubu Dalam Parak Karakah, Zainal Effendi menggendong salah seorang anak untuk mendapatkan vaksin polio, Selasa. (veri rikiyanto)

PADANG (23/7/2024) - Berbagai kejadian lucu dan cukup unik, menghiasi hari pertama kegiatan PIN Polio di Kecamatan Padang Timur.

Seperti yang terjadi di Pustu Parak Karakah, Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah (KDPK). Awalnya, petugas menunggu para ibu datang membawa anaknya, untuk diberikan vaksinasi Polio.

Para petugas dengan sabar dan berbagai cara dibantu orang tua, membujuk sebagian anak yang takut untuk divaksin.

Bahkan, petugas dan orangtua harus main kejar-kejaran guna memberikan vaksinasi Polio dengan cara diteteskan ke mulut anak tersebut.

Baca juga: PIN POLIO Putaran Kedua Berjalan Lancar di Lunang

Berbeda dengan Didi, balita berusia satu setengah tahun. Saat petugas akan menetaskan vaksin, ia meronta-ronta di gendongan ibunya.

Namun, setelah mendapatkan vaksinasi, ia malah menunjukkan gestur minta lagi (nambah).

"Memang vaksin Polio yang diteteskan sebanyak dua tetes ini rasanya manis," kata Kepala Puskesmas Parak Karakah, dr Ulfia Izzati.

Setelah setengah hari melakukan vaksinasi di Pustu, sesuai arahan dari Camat Padang Timur, tim melakukan sweeping dengan mengunjungi ke rumah-rumah.

Baca juga: Pemkab Mentawai Targetkan 13 Ribu Anak Ikuti PIN Polio Tahap I

"Sesuai arahan bapak camat, sweeping kita lakukan bukan untuk memaksa, tapi untuk melakukan vaksinasi bagi mereka yang tidak sempat datang ke lokasi vaksinasi karena kesibukan," kata Lurah KDPK, Zainal Effendi, Selasa.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: