Coklit Data Pemilih Pilkada 2024 Tuntas, Khadafi: 321 Saran Perbaikan Telah Disampaikan

Jumat, 26 Juli 2024, 09:46 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Coklit Data Pemilih Pilkada 2024 Tuntas, Khadafi: 321 Saran Perbaikan Telah Disampaikan
Koordinator Divisi Pencegahan Parmas Humas Bawaslu Sumbar, Muhamad Khadafi saat melakukan pengawasan proses Coklit di tengah masyarakat. (humas)

PADANG (26/7/2024) -- Badan Pengawas Pemilu sampaikan 321 saran perbaikan terkait ketepatan prosedur pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pilkada serentak 2024.

"Saran perbaikan yang disampaikan secara lisan sebanyak 253 dan saran perbaikan yang disampaikan secara tertulis berjumlah 68," ungkap Koordinator Divisi Pencegahan Parmas Humas Bawaslu Sumbar, Muhamad Khadafi dalam siaran pers yang diterima, Jumat.

Saran perbaikan ini, ungkap Khadafi, merupakan hasil pengawasan proses Coklit data pemilih Pilkada serentak 2024 di Sumbar yang terdiri dari pemilihan gubernur bersama 12 bupati dan 7 wali kota.

Diketahui, Coklit ini dimulai 24 Juni 2024 dan telah berakhir 24 Juli 2024 lalu. Selama rentang waktu itu, Bawaslu Sumatera Barat beserta jajaran, melakukan pengawasan proses Coklit yang dilakukan Pantarlih.

Baca juga: Dua Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Dinyatakan Sehat Jasmani, Rohani dan Bebas Narkoba

Metode pengawasan yang dilakukan, pengawasan melekat kepada satu orang Pantarlih sejak awal hingga berakhirnya masa Coklit data pemilih.

Kemudian, melakukan Uji Petik terhadap keluarga yang sudah dilakukan Coklit oleh Pantarlih sejak hari keempat pelaksanaan Coklit hingga 7 hari sebelum berakhirnya masa Coklit.

Selain itu, jajaran pengawas juga membuka Posko Kawal Hak Pilih yang berada di Kantor Bawaslu provinsi dan seluruh kantor Bawaslu Kabupaten/Kota serta Kantor Panwascam.

"Kita juga melakukan Patroli Kawal Hak Pilih sampai dengan berakhirnya masa Coklit pada tanggal 24 Juli 2024," ungkap Khadafi.

Baca juga: Ninik Rahayu: Terwujudnya Pilkada Kondusif tak Boleh Tenggelamkan Fungsi Kontrol Sosial Pers

Berdasarkan hasil pengawasan melekat dan uji petik yang dilakukan Pengawas Desa/Kelurahan sampai batas akhir pelaksanaan Coklit tanggal 24 Juli 2024, ungkap Khadafi, terdapat 505.639 Kepala Keluarga (KK) pada 19 Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat yang telah didatangi Pantarlih untuk dilakukan Coklit.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: