Bangun Ekosistem Industri Halal, KDEKS Sumbar Jalin Kerjasama Riset dengan BRIN dan PT XREI

Jumat, 08 Desember 2023, 06:20 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Bangun Ekosistem Industri Halal, KDEKS Sumbar Jalin Kerjasama Riset dengan BRIN dan PT...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi saksikan penandatanganan kerjasama pembangunan ekosistem industri halal di Sumbar antara KDEKS Sumbar dengan Pusat Riset Kebijakan Publik (PRKP) BRIN dan PT XREI di Jakarta, Rabu. (humas)

PADANG (8/12/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menegaskan, industri halal adalah salah satu sektor prioritas dalam pembangunan Ekonomi Sumatera Barat.

"Pengembangan ekosistem industri halal di Sumbar ini tercantum dalam RPJMD Provinsi Tahun 2021-2026 dan diperkuat UU No 17 Tahun 2022 tentang Provinsi Sumatera Barat," ucap Mahyeldi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/12/2023).

Hal itu dikatakan Mahyeldi usai menyaksikan penandatanganan kerjasama riset oleh Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sumbar dengan Pusat Riset Kebijakan Publik (PRKP) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta PT Xultan Riset Edukasi Integra (PT XREI).

Perjanjian kerjasama ini digelar disela hari pertama Simposium Praktisi dan Periset Ekonomi (Pareto) yang digelar Organisasi Riset Tata Kelola Pemerintahan, Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Badan Riset dan Inovasi Nasional (OR TKPEKM) BRIN di BRIN Grand Ballroom, Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Baca juga: DPRD Sumbar Direkomendasikan Ubah Balitbang jadi BRIDA, Ini Alasan yang Disampaikan BRIN

Mahyeldi berharap, kerjasama tersebut makin mempercepat misi mewujudkan Sumbar sebagai pusat Industri Halal di Indonesia.

Dikatakan, dalam UU tentang Provinsi Sumbar, dinyatakan bahwa karakteristik dan kearifan lokal masyarakat Sumatera Barat berdasarkan pada prinsip dan penerapan falsafah Adat Basyandi Syarak, Syarak Basyandi Kitabullah (ABS-SBK).

Oleh karena itu, Mahyeldi menegaskan, pengembangan industri halal di Sumbar harus dipercepat.

"Salah satu upaya kita dalam mempercepat pengembangan itu adalah kerja sama dan kolaborasi yang menghadirkan aplikasi 'Ekosistem Halal Lifestyle,' yang diperuntukan pada sektor digital marketing, percepatan sertifikasi halal serta mempromosikan halal lifestyle melalui digital," ungkapnya.

Baca juga: Tim BRIN Lakukan Modifikasi Cuaca di Riau Selama 12 Hari, 15 Ton Garam Disemai

Ekosistem Halal Lifestyle, kata Mahyeldi, diaplikasikan oleh Pemprov Sumbar yang berkolaboriasi dengan KDEKS, Pesantren, Masjid Raya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di provinsi serta lembaga terkait lainnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: