Bangun Ekosistem Industri Halal, KDEKS Sumbar Jalin Kerjasama Riset dengan BRIN dan PT XREI

Jumat, 08 Desember 2023, 06:20 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Bangun Ekosistem Industri Halal, KDEKS Sumbar Jalin Kerjasama Riset dengan BRIN dan PT...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi saksikan penandatanganan kerjasama pembangunan ekosistem industri halal di Sumbar antara KDEKS Sumbar dengan Pusat Riset Kebijakan Publik (PRKP) BRIN dan PT XREI di Jakarta, Rabu. (humas)

Dengan demikian, Mahyeldi berharap, industri halal di Sumbar dapat berkembang lebih cepat.

"Ekonomi dan Keuangan Syariah menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di Sumbar, sehingga perlu diperkuat kontribusinya dalam pengembangan perekonomian Sumbar secara umum."

"Perkembangan itu telah ditandai dengan pertumbuhan aset syariah di Sumbar yang mencapai 10 persen, dengan nilai mencapai Rp15 triliun," sambung dia.

Meningkatnya pertumbuhan aset syariah tersebut, nilai Mahyeldi, salah satunya didukung oleh potensi yang dimiliki Sumbar dalam pengembangan industri halal.

Seperti, fakta bahwa 98 persen masyarakat Sumbar berstatus muslim, kearifan lokal ABS-SBK, potensi kuliner, mode, pariwisata, hingga produk UMKM halal.

Mahyeldi menegaskan, aplikasi Ekosistem Halal Lifestyle akan dapat mendongkrak potensi industri halal tersebut.

Seiring dengan hal itu, konsep pengembangan kawasan halal lifestyle juga sudah sejalan dengan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah berskala global yang tumbuh pesat berkat adanya halal lifestyle.

Hingga saat ini, ulas dia, semakin banyak sektor ekonomi syariah yang berkembang, mulai dari produk makanan dan minuman halal, busana muslim, wisata halal, kosmetik, hingga obat-obatan, yang tentu saja bakal membuka peluang kegiatan ekonomi syariah yang lebih luas.

"Meluasnya gaya hidup halal di tingkat global, dengan sendirinya telah mendorong sektor industri halal untuk bergiat memenuhi kebutuhan yang diperlukan konsumen halal."

"Halal tidak hanya soal pemenuhan kaidah agama, tetapi juga pemenuhan standar kesehatan serta kualitas barang dan jasa konsumsi," tutur Mahyeldi.

Oleh karena itu, Mahyeldi berharap, jalinan kerjasama dengan berbagai pihak termasuk dengan BRIN, akan mendorong Sumbar untuk semakin menjadi yang terdepan dalam pengembangan industri halal di Indonesia.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: