Dinas Kesehatan Mentawai Gagas Kebun Herbal Kukuet, Bupati: Layak jadi Destinasi Wisata

Jumat, 06 Oktober 2023, 10:00 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Dinas Kesehatan Mentawai Gagas Kebun Herbal Kukuet, Bupati: Layak jadi Destinasi Wisata
Pj Bupati Mentawai, Fernando J.Simajuntak didampingi Martinus Dahlan (Sekda) dan Desti Seminora (Kadinkes) resmikan Monen Laggek (Kebun Herbal) Kukuet di Desa SP 2, kecamatan Sipora Utara, Kamis. (daniwarti)

MENTAWAI (6/10/2023) - Dinas Kesehatan Mentawai gagas Monen Laggek (Kebun Herbal) Kukuet dalam rangkaian HUT Kabupaten Kepulauan Mentawai ke-24 tahun 2023. Lokasinya di Desa SP 2, kecamatan Sipora Utara.

"Kita harap, Dinas Kesehatan juga menjadikan Kebun Herbal Kukuet ini sebagai destinasi wisata. Kita tahu, pengobatan tradisional Mentawai ini punya potensi besar sebagai objek wisata," ungkap Bupati Mentawai, Fernando J Simanjuntak, saat peresmian Kebun Herbal Kukuet, Kamis siang.

Dengan menjadikannya destinasi wisata, ungkap Fernando, banyak manfaat yang bisa didapat. Di antaranya, pelestarian tanaman obat, sebagai lokasi wisata, sumber ilmu pengetahuan serta potensi jadi salah satu sumber pendapatan daerah.

"Yang paling utama, akan ikut menggerakan perekonomian masyarakat sekitar lokasi Monen Laggek (Kebun Herbal) Kukuet ini, jika dia dijadikan destinasi wisata," ungkap Fernando.

Baca juga: HUT Mentawai ke-24 Tahun, Wagub Sumbar: Pembangunan SDM itu Penting dan Tidak Bisa Instan

Peluncuran Monen Laggek (Kebun Herbal) Kukuet ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Festival Pesona Mentawai (FPM) 2023 yang dihelat 4-7 Oktober 2023.

Jadi Unggulan

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Desti Seminora mengungkapkan, Kebun Herbal ini dibangun untuk memperkenalkan pada publik, bahwa di Mentawai banyak terdapat tanaman yang bisa diolah jadi obat.

"Selama ini, tanaman itu banyak terdapat di kebun dan ladang masyarakat. Selama ini, tanaman itu digunakan mereka dalam proses pengobatan," ungkap Desti.

Baca juga: Jelang Punnen Lagai dan Festival Pesona Mentawai 2023, Fernando: 300 Tamu Mengonfirmasi akan Hadir

Dijelaskan Desti, tumbuhan herbal adalah tumbuhan yang telah diintensifikasi dan diketahui berdasarkan pengamatan manusia. Memiliki senyawa yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.

Halaman:

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: