Kemenparekraf Umumkan Desa Muntei Masuk 75 Besar ADWI Tahun 2023

Jumat, 24 Maret 2023, 08:31 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Kemenparekraf Umumkan Desa Muntei Masuk 75 Besar ADWI Tahun 2023
Penyambutan tamu secara upacara adat oleh masyarakat adat Desa Muntei, Kabupaten Kepulauan Mentawai. (dok jadesta)

MENTAWAI (24/3/2023) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, umumkan 75 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023. Salah satu di antaranya adalah Desa Adat Muntei di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno mengatakan, 75 besar desa wisata tersebut telah melewati tahapan seleksi ketat yang dilakukan oleh Tim ADWI 2023 dengan berbagai aspek penilaian.

"ADWI 2023 sudah sampai pada tahap kurasi, berdasarkan penilaian dewan juri terhadap lima kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jejaring Desa Wisata (Jadesta)," katanya, dalm rekaman yang disiarkan melalui berbagai kanal media sosial Kemenparekraf, 20 Maret 2023 lalu.

Ia mengatakan, 75 desa terpilih oleh Kemenparekraf akan menerima penghargaan dengan lima kategori yaitu Daya Tarik Pengunjung, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, serta Kelembagaan Desa Wisata & CHSE.

Baca juga: Tato Mentawai dan Perkampungan Adat Sijunjung Pecahkan Rekor MURI

Diketahui, Desa Muntei berada di Kecamatan Siberut Selatan. Desa ini merupakan salah satu desa yang terletak ditengah-tengah desa lainnya yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan masih sejuk.

Disisi lain, masyarakat Desa Muntei mayoritas petani dan beternak, di desa ini masih kental dengan adat dan tradisi.

Selain itu, Desa Muntei salah satu gerbang masuknya parawisata wilayah Kecamatan Siberut Selatan, sehingga desa Muntei ini daerah penarik wisatawan yang ingin datang menikmati wisata yang ada diwilayah Siberut Selatan.

Desa Muntei memiliki luas wilaya 20.400Ha luas lahan Sawah1. 200Ha, Ladang 6.000Ha, Ternak 4.000Ha, Hutan 4000Ha.

Baca juga: Zuhrizul: Program Desa Wisata Tak Berhenti di Penyerahan Anugerah

Berdasarkan posisi geogerafis, Kecamatan Siberut Selatan memiliki batas wilayah yaitu, sebelah utara berbatasan dengan kecamatan Siberut, sebelah selatan berbatasan dengan Siberut Barat Daya, sebelah timur selat Mentawai, sebelah barat Kecamatan Siberut Barat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: