95 Persen Wisatawan Mentawai dari Turis Luar Negeri, Wagub Sumbar: Kebersihan Penting Dijaga

Kamis, 05 Oktober 2023, 11:15 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
95 Persen Wisatawan Mentawai dari Turis Luar Negeri, Wagub Sumbar: Kebersihan Penting...
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy memunguti sampah di Pantai Jati, Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu. Kegiatan aksi bersih pantai ini, dalam rangka membangun kesadaran masyarakat akan arti penting kebersihan di industri pariwisata. (adpsb)

MENTAWAI (4/10/2023) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menegaskan, kebersihan lingkungan terutama di kawasan wisata, harus jadi perhatian serius masyarakat Mentawai.

"Setiap tahun, ribuan turis dari berbagai negara, datang berkunjung ke sini. Jadi, kita harus jaga kebersihan lingkungan, agar mereka nyaman dan betah berlama-lama," kata Audy saat memimpin kegiatan Aksi Bersih Pantai di kawasan Pantai Jati di Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu.

Aksi bersih pantai tersebut digagas Dinas Pariwisata Sumbar sekaligus ditujukan untuk peluncuran dan sosialisasi Gerakan Wisata Bersih. Kegiatan tersebut dilangsungkan di seputaran Pantai Jati.

Dikatakan Audy, sebagai salah satu daerah tujuan utama wisata di Sumatera Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai banyak dikunjungi wisatawan mancanegara (Wisman).

Baca juga: Peselancar Padang Jawara Kelas Terbuka Festival Surfing Wali Kota Cup

Secara persentase, ungkap dia, Data Dinas Pariwisata Sumbar menunjukan, jumlahnya mencapai 95 persen dari total kunjungan wisatawan.

Kepulauan Mentawai, ungkap Audy, merupakan daerah tujuan wisata pantai paling populer di Sumbar. Untuk olahraga surfing, Mentawai termasuk salah satu lokasi terbaik di dunia, bahkan ombaknya bisa mencapai ketinggian 20 meter.

Audy kemudian merinci tiga daya tarik Mentawai yang tidak banyak dimiliki destinasi lain di Indonesia. Yakni, memiliki spot Surfing (selancar) yang menantang, terdapat Spot Diving (menyelam) dan memiliki Adat Budayanya yang masih asli.

"Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki 32 spot lokasi untuk olahraga surfing. Wisatawan dapat memilih, karena masing-masing spot memiliki tantangan berbeda," pungkas Audy.

Baca juga: Padang Gelar Kompetisi Surfing Internasional

Sementara itu, Kadis Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda menyebutkan, kegiatan Gerakan Wisata Bersih ini bagian upaya menumbuhkan kesadaran semua pihak tentang pentingnya kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: