Jelang Punnen Lagai dan Festival Pesona Mentawai 2023, Fernando: 300 Tamu Mengonfirmasi akan Hadir

Selasa, 03 Oktober 2023, 12:22 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Jelang Punnen Lagai dan Festival Pesona Mentawai 2023, Fernando: 300 Tamu Mengonfirmasi...
Pj Bupati Mentawai, Fernando J Simanjuntak bersama Forkopimda, diwawancarai wartawan usai apel Senin pagi. (daniwarti)

MENTAWAI (3/10/2023) - Perayaan hari jadi (Punnen Laggai) Kabupaten Kepulauan Mentawai yang ke-24 tahun pada tanggal 4 Oktober besok, ditandai dengan sidang paripurna istimewa DPRD.

Seiring dengan itu, juga digelar Festival Pesona Mentawai (FPM) yang akan berlangsung dari tanggal 4-7 Oktober 2023. FPM ini akan dipusatkan di Kawasan Wisata Mapadeggat.

"Sebanyak 300 undangan dari luar daerah, telah mengonfirmasi akan hadir pada Punnen Laggai (perayaan hari jadi) dan FPM 2023 ini," ungkap Pj Bupati Mentawai, Fernando J Simanjuntak, di Tuapejat, Selasa.

Menyambut kedatangan tamu itu, Fernando menyebut, semua fasilitas yang ada di Kawasan Wisata Mapadegat sudah dioptimalkan.

Baca juga: Dinas Kesehatan Mentawai Gagas Kebun Herbal Kukuet, Bupati: Layak jadi Destinasi Wisata

"Untuk kesiapan pelaksanaan Punnen Laggai ini, telah mencapai angka 90 persen," ungkap Fernando.

Pada tanggal 4 Oktober 2023 besok, Kabupaten Kepulauan Mentawai memasuki usia 24 tahun. Usia yang sudah matang dan mapan.

Kematangan usia ini, ditandai dengan menyiapkan berbagai kegiatan selama 4 hari pelaksanaan FPM 2023. Seperti, lomba panahan, lomba nyanyi, penampilan tarian kolosal, penampilan produk UMKM serta berbagai atraksi dan penampilan lainnya.

Tarian kolosal ini bertemakan "Arat Samba Laggai Ku Simalaingge" (aktivitas masyarakat Mentawai dalam memenuhi kebutuhan hidup) dengan judul "Galaijetku Simantaoi" (pekerjaanku sebagai orang Mentawai).

Baca juga: HUT Mentawai ke-24 Tahun, Wagub Sumbar: Pembangunan SDM itu Penting dan Tidak Bisa Instan

Tari kolosal ini akan dibawakan oleh 65 orang penari, terdiri dari 16 Putra dan 49 Putri yang merupakan siswa-siswi SMP 2 Sipora dan SMA 2 Sipora.

Halaman:

Penulis: Daniwarti
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: