BTPN Wow!, Reza: Layanan Perbankan melalui Handphone

Kamis, 21 Januari 2016, 18:09 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
BTPN Wow!, Reza: Layanan Perbankan melalui Handphone
Sales Management Head BTPN Wow!, Moh Reza Rizal (kanan), diskusi bertema "Laku Pandai: Akses Keuangan untuk Semua," Kamis (21/1/2016) di Padang. Diskusi yang dipandu Wapemred Koran Sindo, Masriom (kiri) itu, juga menghadirkan Bidang Edukasi dan Perlindung

VALORAnews - Transaksi perbankan, kini tak perlu lagi harus di dalam sebuah kantor resmi. Konsumen jasa bank, saat ini bisa langsung bertransaksi dengan agen yang telah ditunjuk, seiring mulai gencarnya lembaga keuangan memasarkan produk Laku Pandai (layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif).

"Ini merupakan peluang usaha baru bagi masyarakat. Pada program Laku Pandai ini, layanan konvensional perbankan secara umumnya, bisa dilakukan melalui agen yang ditunjuk," ungkap Sales Management Head BTPN Wow!, Moh Reza Rizal, dalam diskusi bertema "Laku Pandai: Akses Keuangan untuk Semua," Kamis (21/1/2016) di Padang.

Diskusi ini digelar atas kerjasama Koran Sindo dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN). Laku Pandai merupakan program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif, yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), akhir Maret 2015 lalu.

Diskusi yang dimoderatori Wakil Pemimpin Redaksi Koran Sindo, Masirom itu, juga menghadirkan Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Padang, Cristy Rosmeri. Peserta diskusi yang telah digelar di 10 kota di Indonesia ini, wartawan media cetak, televisi, radio dan siber yang ada di Sumbar.

Baca juga: Nilai Transaksi Pasar Modal Sumatera Barat hingga Februari 2024 Tembus Rp1,58 Triliun

Dikatakan Reza, program Laku Pandai ini, diyakini akan akan menurunkan beban operasional bank. Karena, tidak perlu membangun infrastruktur berupa kantor cabang serta beban operasional lainnya. "Sejak program ini diluncurkan OJK, inovasi ini kami jawab dengan meluncurkan BTPN Wow! Harapannya, program ini dapat meningkatkan penetrasi perbankan ke masyarakat menengah bawah," terang Reza.

"Karena, Survei Global Financial Inclusion Index 2014 menunjukkan, hanya 36 persen jumlah orang dewasa di Indonesia, yang memiliki rekening di bank."

Dikatakan, BTPN Wow! lahir dari proses panjang, yang diawali dengan menjadi bagian dalam uji coba branchless banking yang digagas Bank Indonesia pada 2013. Hal ini merupakan langkah penting, karena dalam proses tersebut BTPN melihat secara langsung tingginya kebutuhan dan antusiasme masyarakat untuk menabung di bank.

"Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang akan mengubah peta perilaku masyarakat Indonesia dalam berbank. Merupakan suatu kebanggaan bagi BTPN untuk dapat dipercaya menjadi salah satu pionir dalam inisiatif ini," tegas Reza.

Baca juga: PDRB Sumbar Membaik Seiring Tumbuhnya Industri Perbankan Sumbar Posisi Februari 2024

"Fokus BTPN dalam menggarap pasar masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM, kami yakini jadi salah satu keunggulan BTPN dalam implementasi Laku Pandai," tambahnya. (Baca: Layanan Laku Pandai, OJK: Tabungan Nasabah Dilindungi LPS)

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: