Bencana Silih Berganti, Ketua DPRD Sumbar Minta Gubernur Percepat Pengajuan Perubahan APBD 2024

Minggu, 19 Mei 2024, 22:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Bencana Silih Berganti, Ketua DPRD Sumbar Minta Gubernur Percepat Pengajuan Perubahan...
Ketua DPRD Sumbar, Supardi.

PADANG (14/5/2024) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi meminta gubernur untuk segera membahas proses Perubahan APBD Tahun 2024.

Dengan dipercepatnya pembahasan Perubahan APBD 2024, maka langkah pemetaan untuk perbaikan pascabanjir bandang dan tanah longsor di sejumlah daerah di Sumbar, bisa segera dilakukan melalui pos anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT).

"Pada APBD induk 2024, BTT dianggarkan tidak banyak. Jika pembahasan perubahan APBD disegarakan, maka bisa dilakukan penambahan untuk langkah perbaikan atau penanggulangan kerugian lainya," kata Supardi, di Padang, Selasa.

Menurut dia, perubahan APBD 2024 harus disegerakan mengingat kondisi saat ini. Disisi lain dirinya meminta pemerintah provinsi (Pemprov) Sumbar, melakukan kajian jangka panjang.

Baca juga: Supardi: Jangan Biarkan Generasi Muda Tercerabut dari Akar Budaya Minang

Kajian ini melibatkan seluruh unsur terkait hingga perguruan tinggi dalam membahas lingkup kebencanaan. Untuk itu, peta kebencanaan Sumbar wajib harus ada.

"Tentunya, peta kebencanaan itu harus dibuat oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, sehingga langkah antisipasi dengan pemetaan-pemetaan yang dibuat bisa berjalan lebih optimal," katanya.

Dia juga meminta gubernur, untuk melakukan evaluasi terkait eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Sumbar, baik itu sektor pertambangan hingga perkebunan.

Eksploitasi yang tidak teratur akan sangat berpotensi untuk memicu terjadinya bencana alam.

Baca juga: Pertemuan Pilar-Pilar Sosial Angkatan II, Supardi Bicara Potensi Likuifaksi di Payakumbuh

"Dengan berbagai rentetan bencana alam yang terjadi, maka harus ada langkah-langkah besar dari gubernur untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat," katanya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: