Gubernur Sumbar Temui Wakil Dubes RI untuk Arab Saudi, Ini Informasi yang Didapatkan

Minggu, 31 Maret 2024, 16:15 WIB | News | Internasional
Gubernur Sumbar Temui Wakil Dubes RI untuk Arab Saudi, Ini Informasi yang Didapatkan
Gubernur Sumbar, Mahyeldi di depan Kantor Kedubes RI, di Riyadh, Arab Saudi. Sabtu. (humas)

RIYADH (30/3/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi mengatakan, akan memperkuat hubungan dengan Kerajaan Arab Saudi dalam berbagai bidang. Tidak hanya sekaitan dengan syariah, tapi lebih luas.

Setidaknya, kerjasama itu akan mulai diperkuat Sumbar dari sektor pendidikan, pariwisata, pedagangan serta sektor pertambangan.

"Peluang-peluang ini akan kita tindak lanjuti sesegera mungkin agar manfaatnya juga bisa segera dirasakan masyarakat. Untuk langkah awal, mungkin akan kita mulai dari sektor pendidikan terlebih dahulu," tegas Mahyeldi.

Hal itu disampaikan Mahyeldi, usai dirinya melakukan pertemuan dengan Wakil Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Sugiri Suparwan di Kantor Kedubes RI, di Riyadh, Arab Saudi. Sabtu.

Baca juga: Gubernur Sumbar Raih Lencana Abdi Inovasi Desa

"Dalam pertemuan tadi, kita mendapat banyak informasi dari Wakil Dubes tentang peluang-peluang kerjasama yang bisa kita bangun dengan Kerajaan Arab Saudi," ungkap Mahyeldi.

Sementara itu, Wakil Dubes RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Sugiri Suparwan menyebut, saat ini sudah banyak perguruan tinggi di Indonesia yang telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Arab Saudi.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh daerah, jika kerjasama sektor pendidikan itu terwujud. Salah satunya, beasiswa penuh dari pihak Kerajaan Arab Saudi bagi mahasiswa yang berasal dari daerah kerjasama.

"Itu berlaku tidak hanya bagi mahasiswa jenjang pendidikan Srata 1 saja tapi juga untuk mahasiswa Srata 2 dan program doktoral," ungkap Sugiri.

Baca juga: Sumbar Masih Kekurangan Dokter, Ini Harapan Gubernur ke Alumni Fakultas Kedokteran Unbrah

Pada bulan November 2024 nanti, imbuh Sugiri, Kedubes RI akan mengadakan pameran produk-produk Indonesia secara besar-besaran di Riyadh. Dia berharap, nantinya Pemprov Sumbar bisa terlibat dalam kegiatan tersebut.

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis Biro Adpim Sumbar

Bagikan: