Tiga Perguruan Tinggi Antarkan Mahasiswanya Pengabdian Masyarakat di Agam, Ini Harapan Bupati

Senin, 15 Juli 2024, 06:29 WIB | News | Kab. Agam
Tiga Perguruan Tinggi Antarkan Mahasiswanya Pengabdian Masyarakat di Agam, Ini Harapan...
Bupati Agam, Andri Warman saat menerima peserta program pengabdian masyarakat tiga perguruan tinggi, di Mess Pemda Agam di Belakang Balok Bukittinggi, Sabtu. (humas)

AGAM (13/7/2024) - Bupati Agam, Andri Warman gandeng Universitas Andalas, Institut Teknologi Haji Agus Salim dan Universitas Muhammad Natsir Bukittinggi untuk wujudkan masyarakat mandiri, berdaya saing, berkualitas dan berkarakter.

"Nagari baik sebagai pemerintahan maupun pemberdayaan masyarakat, adalah pusat dan inti dari upaya kita mencapai visi dan misi daerah. Untuk itu, kita lakukan berbagai upaya dengan menggandeng sejumlah pihak," kata Andri Warman.

Hal itu dikatakan Andri Warman saat melepas mahasiswa ketiga perguruan tinggi tersebut mengikuti program pengabdian masyarakat di Mess Pemda Agam di Belakang Balok Bukittinggi, Sabtu.

Dijelaskan Andri Warman, dalam rangka meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia, Pemkab Agam juga telah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Baca juga: Bupati Agam Semangati Mahasiswa Baru Universitas Muhammad Natsir Bukittinggi

Di antara kesepakatan tersebut adalah terkait pengabdian masyarakat oleh mahasiswa di nagari di Kabupaten Agam.

"Pengabdian masyarakat kali ini, ada penguatan dari Unand dengan menghadirkan Sheffield University Management School (SUMS) United Kingdom Inggris," sebut Andri Warman.

Sementara, Prof Kelum Jayasinghe dari Sheffield Universty yang hadir langsung, memberikan beberapa pesan penting kepada mahasiswa yang hadir.

"Agar generasi muda Kabupaten Agam memperjuangkan hak mereka, dengan cara menjaga lingkungan, meningkatkan aktifitas sosial untuk meningkatkan perekonomian, supaya hidup dengan aman damai dan sejahtera," urainya.

Sementara itu, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas, Dr Asniati menjelaskan, pengabdian masyarakat yang berskala internasional ini akan menambah wawasan generasi muda Sumatera Barat, khususnya pemuda Nagari Kamang Tangah Anam Suku, berfikir secara global.

"Adapun bentuk pengabdian masyarakat ini nanti, pelatihan pada masyarakat tentang pemanfaatan perangkat telekomunikasi handphone untuk pemasaran produk home industri khususnya dari masyarakat Nagari Kamang Tangah Anam Suku," terang Asniarti. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: