Diresmikan 1 Muharram 1446 H, Keluarga Besar Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Restui Usulan Pemprov Sumbar

Rabu, 03 April 2024, 19:34 WIB | News | Internasional
Diresmikan 1 Muharram 1446 H, Keluarga Besar Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Restui...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi foto bersama dengan keluarga besar Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi di Makkah, Selasa malam. (humas)

MAKKAH (3/4/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menyebut, keluarga besar Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi merestui pengambilan nama imam besar masjidil haram itu sebagai nama Masjid Raya Sumbar.

"Alhamdulillah, niat baik kita dapat sambutan positif. Keluarga besar Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi bahkan menyatakan akan hadir langsung pada peresmiannya nanti," ungkap Mahyeldi dalam pernyataan tertulis yang diterima.

Hal itu disampaikan Mahyeldi, usai dia bersama rombongan bersilaturahmi dan buka puasa bersama dengan keluarga besar Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi di Kota Makkah, Arab Saudi, Selasa (2/4/2024) malam.

Dikatakan Mahyeldi, peresmian pengantian nama tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 1 Muharram 1446 Hijriyah atau 8 Juli 2024 nanti.

Baca juga: Gubernur Sumbar Raih Lencana Abdi Inovasi Desa

Ia mengaku, sebelumnya dalam berbagai kesempatan rencana tersebut juga telah disosialisasikannya kepada seluruh pihak terkait di Sumbar.

"Artinya, saat ini sudah tidak ada masalah. Kita tinggal mempersiapkan segala kebutuhan administrasinya. Semoga semuanya dapat berjalan sesuai harapan," tegas Mahyeldi.

Sementara itu, pihak keluarga yang diwakili menantu dari cucu Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, Muhammad Bahjad mengatakan, keluarganya menyambut baik rencana Pemprov Sumbar untuk mengabadikan nama kakeknya sebagai nama salah satu masjid terbesar di Sumbar.

Kedepan, sambung Muhammad Bahjad, keluarga besarnya juga berencana akan lebih memperkuat hubungan silaturahmi dengan daerah asal kakeknya tersebut.

Baca juga: Sumbar Masih Kekurangan Dokter, Ini Harapan Gubernur ke Alumni Fakultas Kedokteran Unbrah

Bahkan, menurutnya, seluruh keluarga siap untuk menjadi duta Sumbar di Arab Saudi.

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: