Indonesia Serahkan 1,58 Juta Vaksin Pentavalen untuk Nigeria

Jumat, 23 Juni 2023, 19:00 WIB | News | Internasional
Indonesia Serahkan 1,58 Juta Vaksin Pentavalen untuk Nigeria
Dubes RI untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap didampingi Direktur Pengembangan Usaha Bio Farma, Yuliana Indriati, perlihatkan dokumen serah terima donasi vaksin pentavalent yang diterima Executive Director NPHCDA Nigeria, Faisal Shuaib. (istimewa)

NIGERIA (23/6/2023) - Hibah sebanyak 1.580.000 dosis Vaksin Pentavalent, diserahkan pemerintah Indonesia untuk Pemerintah Federal Republik Nigeria, tanggal 16 Juni 2023 lalu.

"Hibah Vaksin Pentavalent ini, untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, dan Haemofilia Influenza tipe B di Nigeria," ungkap Duta Besar RI untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap dalam siaran pers yang diterima, Jumat.

Serah terima ini dilakukan Bio Farma, induk Holding BUMN Farmasi bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia Abuja Nigeria ini, digelar di Kantor Pusat National Primary Health Care Development Agency (NPHCDA) Abuja, ibukota Nigeria.

Serah terima ini dilakukan Direktur Pengembangan Usaha Bio Farma, Yuliana Indriati, Duta Besar Republik Indonesia untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap dan Executive Director National Primary Health Care Development Agency Nigeria, Faisal Shuaib.

Baca juga: Siapkan 850 ribu Dosis Vaksin Pentavalen untuk Nigeria, Bio Farma Lirik Potensi Pasar Afrika

Untuk donasi ini, terang Usra, sebanyak 730 ribu dosis vaksin pentavalent tahap 1 telah sampai di Nigeria pada tanggal 30 Mei 2023. Kemudian, tahap 2 sebanyak 850 ribu dosis, tiba pada tanggal 14 Juni 2023. Dengan begitu, total 1.580.000 dosis vaksin telah tiba di Nigeria.

"Vaksin ini digunakan untuk meningkatkan sistem perawatan kesehatan dan meningkatkan cakupan imunisasi, agar setiap anak di Nigeria dapat tumbuh dengan sehat dan aman. Misinya adalah untuk mencegah penyakit seperti difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, dan influenza tipe B," ujar Usra.

Usra menambahkan, beban penyakit-penyakit yang dapat dicegah ini akan sangat berkurang dengan imunisasi menyeluruh, terutama di antara populasi yang paling rentan, seperti bayi baru lahir dan anak-anak.

"Total 1.580.000 dosis Vaksin Pentavalen yang disumbangkan Pemerintah Indonesia pada Nigeria, melalui Lembaga Dana Kerjasama Pembangunan Internasional (LDKPI)/ Indonesian Aid ini, dibuat oleh produsen Indonesia, Bio Farma," papar Usra.

Baca juga: Portugasl vs Nigeria; Fakta, Data dan Siaran Live yang Perlu Diketahui

Hubungan Erat

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: