Konsuler I KBRI Riyadh Apresiasi Rencana Penggunaan Nama Syekh Khatib Al Minangkabawi

Sabtu, 30 Maret 2024, 18:45 WIB | News | Internasional
Konsuler I KBRI Riyadh Apresiasi Rencana Penggunaan Nama Syekh Khatib Al Minangkabawi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi foto bersama dengan anggota perkumpulan Mandeh Harmain (MaHa) di Istirohah Al Khosah, Riyadh, Arab Saudi, Jumat malam waktu setempat. (humas)

RIYADH (29/3/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menyatakan, pembangunan Sumbar sangat membutuhkan kontribusi perantau dan seluruh diaspora yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

"Kita menyadari, para perantau dan diaspora memiliki kekuatan materi serta jaringan yang mumpuni, yang semua itu dapat diaktifkan untuk pembangunan Ranah Minang," ucap Mahyeldi.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat memenuhi undangan perkumpulan Mandeh Harmain (MaHa) di Istirohah Al Khosah, Riyadh, Arab Saudi, Jumat malam waktu setempat.

Dalam kunjungan ke Saudi pada momentum Bulan Ramadhan kali ini, Mahyeldi akan mengikuti beberapa agenda pertemuan dengan berbagai pihak, yang bertujuan untuk melihat dan memaksimalkan peluang atau potensi kerja sama bagi pembangunan Sumbar.

Baca juga: Gubernur Sumbar Temui Wakil Dubes RI untuk Arab Saudi, Ini Informasi yang Didapatkan

Termasuk di antaranya, agenda pertemuan dengan anak-cucu ulama besar Masjidil Haram asal Sumbar, Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

"Kita sudah beberapa kali berdiskusi dengan keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi. Beberapa rencana kerja sama kita rancang, karena anak-cucu beliau saat ini tersebar dan menduduki posisi-posisi penting di berbagai bidang pekerjaan."

"Termasuk, kita merencanakan melekatkan nama Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Sumatera Barat, sebagai pengganti nama Masjid Raya Sumatera Barat," ujar Mahyeldi.

Dia berharap, dengan beberapa agenda yang telah dirancang dalam kunjungan ke Saudi kali ini, akan semakin memantapkan peran perantau dan dispora Sumbar di Saudi, untuk berkontribusi bagi pembangunan Sumbar hingga ke tingkat nagari.

Baca juga: Cari Modal THR Jelang Lebaran 2024, Kamu Harus Coba Ide Bisnis Ini

"Perantau dan Diaspora kita harapkan menjadi etalase Minangkabau di luar negeri," ucap Mahyeldi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis Biro Adpim Sumbar

Bagikan: