Dibangun dengan Dana Wakaf, JK Letakan Batu Pertama Gedung Baru RSI Ibnu Sina Padang Panjang

Senin, 06 November 2023, 07:15 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Dibangun dengan Dana Wakaf, JK Letakan Batu Pertama Gedung Baru RSI Ibnu Sina Padang...
Ketua Umum PMI sekaligus DMI, Muhammad Jusuf Kalla didampingi Mahyeldi (gubernur Sumbar) dan Prof Yaswirman (pembina Yayasan Yarsi) mengamati maket gedung baru RSI Ibnu Sina Padang Panjang, Sabut. (humas)

Dari Dana Wakaf

Sementara itu, JK dalam sambutannya mengatakan, Yayasan Rumah Sakit Islam (Yarsi) telah lebih dari 50 tahun beramal dan berbuat bagi masyarakat.

Saat ini, jumlah penduduk ketimbang 50 tahun lalu, tentu meningkat pesat. Di samping itu, perkembangan layanan kesehatan juga berkembang pesat.

Baca juga: Sumbar Miliki 368 Nagari Mandiri, 10 Berstatus Teringgal

"RSI Ibnu Sina kita yakini mampu untuk selalu menyesuaikan diri," kata JK.

JK yang saat ini juga menjabat Ketua Umum PMI Pusat dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu menyebutkan, pengelola layanan rumah sakit saat ini terbagi pada tiga jenis, yaitu rumah sakit pemerintah, rumah sakit milik gabungan masyarakat seperti RSI Ibnu Sina serta rumah sakit milik korporasi.

Perkembangan ini, disebut JK, sebagai efek dari pelayanan kesehatan yang terus berkembang, sekaligus menjanjikan keuntungan.

"Namun, tetap niat utama kita di RSI Ibnu Sina bukanlah keuntungan, melainkan niat beramal ibadah menyembuhkan warga yang sakit," harap JK.

"Bagaimana pun, rumah sakit tidak boleh melupakan sisi sosialnya. Ada pun soal kualitas pelayanan, tentu dipengaruhi oleh kapasitas dokter, peralatan medis serta hospitality (kualitas layanan keperawatan)," ucap semenda Rang Lintau itu.

Ketua Pembina Yarsi Sumbar, Yaswirman menyebutkan, saat ini sudah terdapat enam RSI Ibnu Sina di Sumbar.

Ada pun pembangunan gedung baru RSI Ibnu Sina Padang Panjang, menyasar bantuan wakaf dan infak dari umat dan para tokoh, yang telah dimulai dengan penyaluran dana wakaf tahap pertama dari Lembaga Wakaf Yarsi Sumbar senilai Rp1,099 miliar.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: