KPU Sumbar Gelar Jambore Demokrasi Pelajar, Idham: Program Literasi yang Layak Ditiru

Kamis, 09 Mei 2024, 18:15 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
KPU Sumbar Gelar Jambore Demokrasi Pelajar, Idham: Program Literasi yang Layak Ditiru
Koordinator Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik diwawancarai wartawan usai membuka Jambore Demokrasi Pelajar yang diinisiasi KPU Sumbar di Padang Panjang, Kamis. (mangindo kayo)

PADANG PANJANG (9/5/2024) - Koordinator Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik menilai, Jambore Demokrasi Pelajar yang diinisiasi KPU Sumbar, merupakan literasi politik yang secara spesifik menyasar kelompok pemilih milenial di Pilkada Nasional Serentak 2024.

"Jambore Demokrasi Pelajar ini merupakan ide literasi kepemiluan dari KPU Sumatera Barat yang layak ditiru daerah lainnya di Indonesia," ungkap Idham Holik, Kamis.

Penilaian itu disampaikan Idham usai membuka Jambore Demokrasi Pelajar Pilkada Sumatera Barat 2024 yang digelar KPU Sumbar di Padang Panjang.

Jambore Demokrasi Pelajar ini diikuti 24 orang Pramuka Penegak (pelajar SMA-red) utusan 19 kabupaten dan kota se-Sumatera Barat serta 2 orang pendamping.

Baca juga: Pilkada Serentak 2024, Hanya 3 Bapaslon Perseorangan Serahkan Dukungan se-Sumbar, Bukittinggi dan Limapuluh Kota

Pramuka Penegak yang terdiri dari 12 orang pria (pa) dan 12 orang perempuan (pi) itu, akan dikenalkan berbagai hal teknis tentang Pilkada Serentak Nasional 2024, selama tiga hari kegiatan.

Mulai dari proses pencalonan, kampanye, pemungutan suara hingga penetapan hasil.

"Semoga, literasi kepemiluan yang dijalani selama jambore, bisa meningkatkan kualitas pelaksanaan Pilkada 2024 nanti," harap Idham.

Terkait kerawanan Pilkada, Idham menilai, Sumatera Barat relatif kondusif sebagaimana pelaksanaan Pemilu 2024 lalu.

Baca juga: Pilkada se-Sumbar 2024, Semua Tahapan Pendaftaran Calon melalui Silon, Ini Tahapannya

"Ikatan kekerabatan di Sumbar ini masih kuat serta masyarakatnya juga sudah terbiasa berdialektika. Saya optimistis, Sumbar akan kondusif," ungkap Idham.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: