HUT ke-67 Tahun, PDRB Riau Terbesar Kedua di Luar Pulau Jawa

Jumat, 09 Agustus 2024, 06:46 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Riau
HUT ke-67 Tahun, PDRB Riau Terbesar Kedua di Luar Pulau Jawa
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto jadi inspektur upacara HUT ke-67 Provinsi Riau di halaman kantor gubernur, Jumat. Komandan upacaranya, Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Semua akan mudah jika kita saling bekerja sama dan menunjukkan sinergi yang baik. Mari nyalakan terus semangat bersinergi bersama membangun Riau yang maju," pungkasnya.

Dalam amanatnya, Hariyanto mengatakan, dalam usianya yang ke-67 tahun ini, Riau juga telah banyak memberikan kontribusi pada pembangunan nasional.

"Dengan segala tantangan dan capaian yang sudah dihadapi, hendaknya dapat menjadi refleksi bagi kita semua untuk dapat terus berbenah," katanya.

Hariyanto juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersatu dan saling bahu membahu. Karena menurutnya semangat kebersamaan merupakan suatu keniscayaan untuk melakukan pembangunan daerah.

"Mari satukan persepsi dengan bersinergi, utamakan kepentingan masyarakat Riau secara keseluruhan," ajaknya.

Hariyanto mengatakan, pada triwulan II-2024 Provinsi Riau berkontribusi sebesar 4,99 persen terhadap perekonomian Nasional.

Provinsi Riau merupakan provinsi dengan PDRB terbesar ke-6 di Indonesia atau PDRB terbesar kedua di luar Pulau Jawa.

"Ekonomi Riau triwulan II tahun 2024 terhadap triwulan II tahun 2023 mengalami pertumbuhan sebesar 3,70 persen (YoY), Pertumbuhan terjadi pada sebagian besar lapangan usaha. Ekonomi Riau triwulan II-2024 jika dihitung tanpa migas tumbuh 4,61 persen," terangnya.

Dia mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan terus mengoptimalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024.

"Kita akan optimalkan anggaran untuk melindungi daya beli, stabilitas ekonomi dan mendukung berbagai agenda pembangunan," terangnya.

Di sisi lain, Pada tahun 2024 investasi di Provinsi Riau ditargetkan sebesar Rp106,07 triliun, realisasi pada Semester I Bulan Januari - Juni 2024 sebesar sebesar Rp53,13 Triliun.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: