Penting bagi Pemudik! Ini Jadwal Keberangkatan Kapal Ro-Ro Bengkalis Hari Pertama Idul Fitri 2024

Senin, 08 April 2024, 13:56 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Riau
Penting bagi Pemudik! Ini Jadwal Keberangkatan Kapal Ro-Ro Bengkalis Hari Pertama Idul...
Pelabuhan Ro-Ro Air Putih, di Bengkalis, Riau.

PEKANBARU (8/4/2024) - Dinas Perhubungan Riau melalui surat No: 551/UPT.P/DISHUB/IV/2025/21 tertanggal 5 April 2024, umumkan perubahan jadwal operasional kapal penyeberangan Ro-Ro khusus pada Hari Raya Idul Fitri 1445.

Perubahan jadwal jasa kapal penyeberangan Roll On-Roll Off (Ro-Ro) itu untuk rute Air Putih, Bengkalis menuu Sungai Selari Bukit Batu atau sebaliknya.

"Bagi masyarakat yang akan berkunjung ke sanak famili ke Pulau Bengkalis maupun di seberangan (Pulau Sumatera), agar memperhatikan jadwal keberangkatan ini," kata Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Riau, Edi Kurniawan di Pekanbaru, Senin.

Pada hari pertama perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah, jasa kapal penyeberangan Ro-Ro akan memulai keberangkatannya pukul 13.00 WIB untuk rute Air Putih, Bengkalis menuju Sungai Selari, Bukit Batu atau sebaliknya.

Baca juga: RELAWAN SATRIA INSPIRES: Dipercaya Perantau, Di Apresiasi Pemkab Pessel

Perubahan jadwal keberangkatan trip pertama pada hari pertama Idul Fitri seperti tahun-tahun sebelumnya, bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada petugas yang beragama Islam untuk menunaikan shalat id dan merayakan Idul Fitri.

Diungkapkan Edi, perubahan jadwal ini hanya berlangsung pada hari pertama Idul Fitri, selanjutnya pada hari kedua dan seterusnya, jadwal kembali normal seperti biasa.

Terkait jumlah armada kapal penyeberangan, ungkap Edi, untuk menangani arus mudik dan arus balik, total jumlah kapal penyebarangan sebanyak 5 unit kapal dan 1 unit kapal disiagakan.

"Jika terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan, akan diturunkan seluruhnya sehingga jadi 6 unit kapal yang beroperasi. Kita lihat situasi di lapangan," terang Edi. (adv)

Baca juga: Gubernur Sumbar Tinjau Jalur Alternatif Padang-Bukitinggi via Lubuk Mata Kucing-Pandai Sikek

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: