Pansus LKPj Riau 2023 Kupas Capaian Sektor Kesehatan dan Pendidikan

Minggu, 07 April 2024, 14:52 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Riau
Pansus LKPj Riau 2023 Kupas Capaian Sektor Kesehatan dan Pendidikan
Sejumlah pimpinan OPD Pemprov Riau ikuti rapat pembahasan LKPj bersama Pansus DPRD Riau, Rabu. (humas)

PEKANBARU (7/4/2024) -- Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Tahun 2023 DPRD Riau, hadirkan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan dalam rangka membahas capaian yang diraih kedua OPD tersebut.

"Kita meminta Dinas Kesehatan Riau meningkatkan dukungannya ke kabupaten kota dalam rangka pemenuhan universal health coverage (UHC)," ungkap Wakil Ketua Pansus LKPj, Ade Hartati Rahmat, Anggota Komisi V DPRD Riau yang membidangi kesehatan.

Diketahui, pada rapat yang digelar di Ruang Rapat Medium DPRD Provinsi Riau, Rabu (3/4/2024) itu, Ketua Pansus DPRD Riau. Parisman Ihwan tampak didampingi Ade Hartati Rahmat serta Anggota Pansus, Sugeng Pranoto, Iwandi, Yuliawati, Zulkifli Indra, Syafrudin Iput, Abdul Kasim, Mardianto Manan, Husaimi Hamidi dan Darnil.

Hadir dalam rapat ini, Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Indra serta perwakilan dari setiap OPD di lingkungan Provinsi Riau.

Baca juga: Pansus LKPj DPRD Sumbar Konsultasi ke Kemendagri, Direktorat FKDH Ungkap Peluang Gunakan Hak Interpelasi

LKPJ adalah laporan berupa informasi penyelenggara pemerintahan selama satu tahun anggaran atau akhir masa jabatan yang disampaikan kepala daerah kepada DPRD.

Sesuai dengan Pasal 69 ayat (1) UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, menjelaskan bahwa Kepala Daerah wajib menyampaikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, laporan keterangan pertanggungjawaban dan ringkasan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Pada kesempatan ituni, Pansus LKPj mengundang Pemprov Riau untuk mendengarkan paparan dari setiap OPD, terkait capaian kinerja berdasarkan prioritas target dan realisasi di tahun 2023 yang disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Provinsi Riau Tahun 2019-2024. (adv)

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: