Calon Tunggal Tetap Jalani Pengundian Nomor Urut, Menang Pilkada jika Raih 50 Persen Lebih Suara Sah

Rabu, 18 September 2024, 11:10 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Calon Tunggal Tetap Jalani Pengundian Nomor Urut, Menang Pilkada jika Raih 50 Persen...
Ketua Divisi Teknis Penyelengaraan Pemilu KPU Sumbar, Ory Sativa Syakban (tengah) bersama Surya Efitrimen (ketua) dan Medo Patria (anggota KPU Sumbar). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (18/9/2024) - Ketua Divisi Teknis Penyelengaraan Pemilu KPU Sumbar, Ory Sativa Syakban mengatakan, pemilihan kepala daerah (Pilkada) dengan kontestan hanya satu pasangan calon, kemenangannya harus meraih 50 persen lebih suara sah.

"Aturan harus menang lebih dari 50 persen suara sah itu, diatur dalam Pasal 54 huruf (d) UU No 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah," ungkap Ory di Padang, Selasa.

Untuk Sumatera Barat, dari 12 kabupaten dan 7 kota serta provinsi yang mengikuti Pilkada serentak nasional 2024, terdapat satu daerah yang memiliki calon tunggal. Yakni Kabupaten Dharmasraya.

Dijelaskan Ory, kalau perolehan suaranya kurang dari 50 persen, pasangan kandidat yang kalah bisa mendaftar kembali dalam pemilihan baru pada tahun berikutnya.

Baca juga: Syarat Calon 2 Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Dinyatakan Memenuhi Syarat

"Sebelum pemilihan baru digelar, pemerintah menunjuk penjabat kepala daerah (gubernur, bupati atau wali kota-red)," terang dia.

Pasal 54 huruf (d) Ayat 3 UU No 10 Tahun 2016 mengatur, ada dua pilihan waktu bagi KPU dalam menggelar pemilihan baru jika calon tunggal kalah dari kotak kosong.

Yakni, pemilihan baru dilakukan tahun berikutnya atau pemilihan baru digelar mengikuti jadwal yang telah dimuat dalam peraturan undang-undang atau lima tahun.

"Fase pemilihan berikutnya sebagaimana termaktub pada Pasal 54 D ayat 2 dan 3 UU No 10 Tahun 2016 sesungguhnya adalah penyelenggaraan pemilihan kepala daerah yang dilakukan dengan tahapan yang baru sejak dari tahapan awal," ujarnya.

Baca juga: Dua Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Dinyatakan Sehat Jasmani, Rohani dan Bebas Narkoba

Nomor Urut Calon Tunggal Tetap Diundi

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: