Aktivitas Gunung Marapi Terus Meningkat, Gubernur Sumbar Perintahkan Pasang CCTV di Daerah Terdampak

Sabtu, 27 Januari 2024, 08:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Aktivitas Gunung Marapi Terus Meningkat, Gubernur Sumbar Perintahkan Pasang CCTV di...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menerima penjelasan tentang dampak Gunung Marapi di kantor BPBD Sumbar, Jumat. (humas)

PADANG (26/1/2024) -- Erupsi Gunung Marapi masih terus berlangsung sejak ditetapkan dalam status level III (siaga) sejak 9 Januari 2024 lalu.

"Saya minta, BPBD harus siap dengan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi," perintah Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat mengunjungi Media Center Gunung Marapi di kantor BPBD Sumbar, Jumat.

Mahyeldi juga meminta BPBD Sumbar lebih siaga dan mematangkan mitigasi penanganan potensi letusan Gunung Marapi.

Mahyeldi mengingatkan, berbagai kemungkinan terburuk bisa terjadi sewaktu-waktu. Oleh karena itu, perlu segera melakukan pemetaan lokasi pengungsian serta jalur evakuasi.

Baca juga: Sumbar Punya 8 Gelanggang Pacuan Kuda, Mahyeldi: Potensi jadi Sport Tourism

Selain itu, dia juga meminta, untuk setiap titik-titik yang rawan bencana, harus dipasang perangkat kamera pemantau atau CCTV sehingga bisa mengawasi setiap keadaan bencana di daerah.

"Dengan CCTV, kita bisa memantau aktivitas Gunung Marapi dari sini. Kemudian, juga bisa berkomunikasi jarak jauh dengan daerah yang terdampak setiap jam. Karena, setiap detik, berbagai kemungkinan bisa terjadi," ungkap Mahyeldi.

Dia juga berharap, Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, menambah posko siaga di daerah sekitar kaki dan pinggang Gunung Marapi, dengan fasilitas peralatan yang lengkap.

Mahyeldi juga mengimbau masyarakat terutama yang berada pada radius 4,5 kilometer dari puncak gunung, untuk pindah sementara ke zona yang lebih aman.

Baca juga: HJK Limapuluh Kota ke-183, Mahyeldi Bagikan Kunci Sukses Penyelenggaraan Pembangunan dan Pemerintahan

"Semua itu sesuai dari hasil rapat dengan beberapa pihak, termasuk dengan daerah yang terdampak letusan Gunung Marapi," terangnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: