Kuliner Khas Mandailing Paling Dicari yang Tersedia Tiap Hari di RM Bang Bonar

Minggu, 07 Januari 2024, 11:25 WIB | Kuliner | Kota Padang
Kuliner Khas Mandailing Paling Dicari yang Tersedia Tiap Hari di RM Bang Bonar
Pelanggan RM Bang Bonar tengah mencicipi kuliner khas Mandailing. RM Bang Bonar ini beralamat di Jl Jeddah I RT 03/RW 06 Kel Koto Panjang Ikur Koto, Kecamatan Koto Tangah, atau di Belakang Kantor Stasiun TVRI Sumbar Jl Bypass Padang. (istimewa)
Gulai ikan lele asap.
Gulai ikan lele asap.

Tak ada artinya membawa seluruh aneka kuliner khas Mandailing, jika tak ada gulai ayam yang digulai dengan santan pekat ini pada kegiatan Adat Manungkus ini.

2. Gulai Ikan Sale

Ikan sale adalah salah satu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Mandailing.

Ikan yang disale biasanya adalah ikan limbat namun karna sekarang sudah agak susah menemukan ikan limbat maka ikan sale lebih banyak kita jumpai berbahan ikan lele.

Baca juga: 12 Pecatur Masuk Bakal Final Turnamen Catur 2023, Ditabuh Sabtu Malam di RM Bang Bonar

Daun ubi tumbuk.
Daun ubi tumbuk.

Biasanya ikan sale ini akan digule dengan santan yang agak kental dan dicampur bumbu -- bumbu lainnya. Hampir semua rumah makan Mandailing yang ada akan menyediakan menu masakan ikan sale ini.

3. Rendang Belut

Rendang belut asap atau rondang bolut adalah makanan khas Mandailing. Perbedaan rendang khas Mandailing dengan Minangkabau terletak pada bumbunya. Salah satunya adalah rendang khas Mandailing menggunakan kelapa parut sangrai.

4. Ikan Mas Holat

Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat unik dan sanagt digemari oleh masyarakat Mandailing.

Sambal cabai hijau
Sambal cabai hijau

Ikan Mas Holat dibuat dari bahan dasar ikan mas yang sudah di panggang dan kuah holat.

Rahasia kelezatan dari makanan ini terletak pada bumbunya yang dibuat dari bahan dasar rebusan pucuk rotan muda di dalam kuahnya.

5. Gule Bulung Gadung (Daun Ubi Tumbuk)

Sayuran daun ubi tumbuk ini sebenarnya juga dikenal di beberapa daerah lain seperti Melayu. Tapi, kuliner ini lebih dikenal masyarakat Sumut dengan nama sayur daun ubi tumbuk.

Nama Gule Bulung Gadung berasal dari bahasa Mandailing. Dalam bahasa Indonesia, "Bulung gadung" dapat diartikan dengan "gulai daun singkong" atau "daun ubi tumbuk."

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: