Kuliner Khas Mandailing Paling Dicari yang Tersedia Tiap Hari di RM Bang Bonar

Minggu, 07 Januari 2024, 11:25 WIB | Kuliner | Kota Padang
Kuliner Khas Mandailing Paling Dicari yang Tersedia Tiap Hari di RM Bang Bonar
Pelanggan RM Bang Bonar tengah mencicipi kuliner khas Mandailing. RM Bang Bonar ini beralamat di Jl Jeddah I RT 03/RW 06 Kel Koto Panjang Ikur Koto, Kecamatan Koto Tangah, atau di Belakang Kantor Stasiun TVRI Sumbar Jl Bypass Padang. (istimewa)

7. Sambal Tuk-tuk

Sambal tuk-tuk adalah salah satu masakan khas, Mandailing yang sangat populer namun agak jarang ditemukan.

Sambal ini sangat enak jika dinikmati dengan sayuran rebus dan nasi panas.

Terbuat dari bahan cabai, bawang dan ikan teri yang jika di lihat terkesan gampang membuatnya, namun jangan salah untuk mendapatkan cita rasa dari sambal tuk-tuk yang pas di lidah ternyata sulit, sebab perlu keterampilan dalam membuatnya.

Dulunya, Sambal Tuktuk biasa dicampur bersamaan dengan ikan aso-aso, sebuah ikan yang hampir mirip dengan ikan kembung yang sudah dikeringkan.

Biasanya Sambal Tuktuk dibuat juga dengan perpaduan ikan teri tawar. Seperti masakan khas Mandailing lainnya, Sambal Tuktuk memiliki rasa pedas yang menggigit karena dibuat menggunakan andaliman.

8. Sambal Kantori Joruk

Sambal yang satu ini adalah makan khas suku Mandailing yang benar-benar unik.

Sambal kantori joruk ini adalah sambal yang bahan utamanya adalah teri dan durian.

Cara memasak makanan ini sama seperti cara memasak sambal teri pada umumnya, bedanya disini ditambahkan buah durian yang sudah difermentasikan.

Khasnya kuliner Mandailing yang tersaji di RM Bang Bonar ini, menggerakan langkah anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat, Emma Yohanna untuk ikut mencicipinya.

Senator DPD RI sejak Pemilu 2009 yang merupakan kelahiran kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat ini berpesan, "Cita rasa kulinernya membawa kita ke kenangan masa kecil di kampung. Pertahankan kuliner ini sebagai bagian dari kekayaan nusantara."

Demikian lah kuliner khas Mandailing paling dicari yang tersedia di RM Bang Bonar. Cuma, Sambal Kantori Joruk dan Rendang Belut tersedia. Bisa dipesan dalam format pre-order. Bagi yang tak sempat mencicipinya langsung di lokasi, bisa pesan melalui aplikasi gofood atau menghubungi nomor HP/WA: 08126717645 ini. (*)

Halaman:
1 2 3 4

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: