1600 Porsi Jajanan Ludes dalam 1 Jam, Ini Harapan Hidayat tentang Festival Kuliner Multi Etnis

Senin, 30 Oktober 2023, 08:30 WIB | Kuliner | Kota Padang
1600 Porsi Jajanan Ludes dalam 1 Jam, Ini Harapan Hidayat tentang Festival Kuliner Multi...
Anggota DPRD Sumbar, Hidayat menaiki seni tradisi masyarakat Sunda saat festival multi etnis di kawasan GOR Agus Salim, Sabtu. (humas)

PADANG (29/10/23) - Anggota DPRD Sumbar, Hidayat mengungkapkan, suku bangsa yang multi etnis perlu dijaga, agar tetap hidup rukun dan harmonis.

"Di Sumatera Barat, terdapat 11 suku bangsa yang melakukan aktivitas sosial, ekonomi, budaya dan politik. Percampuran keberagaman ini, menciptakan kehidupan dan peradaban unik yang saling melengkapi," ujar Hidayat pada wartawan di Padang, Ahad.

Hal itu dikatakan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumbar itu, usai membuka Festival Kuliner Multi Etnis di kawasan GOR Haji Agus Salim Padang. Pembukaan ini dilakukan bersama Kadispar Sumbar, Luhur Budianda dan Dewi Ria (Kabid Ekonomi Kreatif).

Di festival ini, sebanyak 1.600 porsi makanan khas daerah yang ada di nusantara seperti India, Mandailing Natal, Sumatera Utara, Jawa dan Minang, disediakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) multi etnis.

Baca juga: 80 Peserta Bimtek dan Layanan Perizinan melalui OSS RBA, Hidayat: Legalitas itu Penting agar UMKM Naik Kelas

Terpantau, dalam rentang satu jam lebih, aneka kuliner itu telah habis diserbu pengunjung. Makanan khas dari berbagai daerah ini, memang sengaja disiapkan bagi warga yang datang ke Festival Kuliner Multi Etnis ini.

Seperti, makanan khas Mandailing Natal yang ditampilkan pada even pariwisata itu seperti Gulai Pucuk Ubi Tumbuk atau Silalat Duda dan Lontong Medan.

Kemudian, ada empek-empek Palembang dari Sumatera Selatan, Bubur Ayam Jakarta, Roti Jala Melayu (Riau). Sedangkan kuliner khas Minang yang ditampilkan yaitu Soto Padang.

Festival Kuliner Multi Etnis ini digelar Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat atas dorongan Anggota DPRD Sumatera Barat, Hidayat.

Baca juga: 2662 Guru Honorer Sumbar Dinyatakan Pemerintah Lulus Seleksi PPPK, Ngadu ke Dewan karena Pengangkatan Tak Jelas

"Kita mengajak Dinas Pariwisata provinsi Sumatera Barat bermitra untuk menggelar even ini sebagai upaya merekatkan suku bangsa yang ada di Sumatera Barat, yang selama ini berjalan harmonis," ungkap Hidayat, anggota Komisi V DPRD Sumbar itu.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: