Mak Ganjar Sumatera Barat Latih Kaum Ibu Buat Bola Ayam Krispi, Bisa jadi Ide Usaha Rumahan

Jumat, 01 September 2023, 14:25 WIB | Kuliner | Kota Padang
Mak Ganjar Sumatera Barat Latih Kaum Ibu Buat Bola Ayam Krispi, Bisa jadi Ide Usaha...
Ibu-ibu warga Komplek Kuala Nyiur II di Kelurahan Pasie Nan Tigo, sedang praktek pembuatan Bola Ayam Krispi yang dilatih Sukarelawan Mak Ganjar Sumatera Barat, Kamis (31/8/2023).

PADANG (1/9/2023) - Ibu-ibu warga Komplek Kuala Nyiur II di Kelurahan Pasie Nan Tigo, dilatih pembuatan Bola Ayam Krispi oleh Sukarelawan Mak Ganjar Sumatera Barat, Kamis (31/8/2023). Inovasi cemilan olahan ayam ini menarik minat kalangan ibu-ibu.

"Selain bisa jadi ide usaha kreatif, untuk meningkatkan pendapatan keluarga, Bola Ayam Krispi ini juga bisa dijadikan kudapan bersama keluarga," ungkap Koordinator Wilayah Mak Ganjar Sumbar, Ulfa Yulida disela pelatihan yang digelar di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang itu.

Menurut Ulfa, pelatihan ini untuk mendorong peran perempuan dalam menumbuhkan geliat ekonomi keluarga. Loyalis Ganjar Pranowo ini, menawarkan ide sekaligus peluang usaha penganan dari olahan daging ayam.

"Kegiatan ini memang bertujuan membangun ekonomi kreatif keluarga. Kami memilih Bola Ayam Krispi ini untuk sebagai ide jualan dan bekal keluarga, agar nantinya menciptakan makanan yang sehat, terhindar dari bahan pengawet," ucap Ulfa.

Baca juga: Tim Pemenangan Rakyat: Ganjar-Mahfud, Representasi Keberanian dan Komitmen untuk Bangun Masa Depan yang lebih Baik

Ulfa mengklaim, modal yang diperlukan untuk membuat Bola Ayam Krispi ini cukup minim sekitar Rp20 ribu per seperempat ekor ayam.

Nantinya, bahan tersebut bisa dibagi ke dalam beberapa bungkus dengan harga jual mulai dari Rp3 ribu per bungkusnya.

Jajanan ini juga bisa dipasarkan dalam bentuk beku siap digoreng atau frozen food senilai Rp30 ribu per ons.

"Harga jual Rp3 ribu ini sangat terjangkau, namun untungnya lumayan gede juga. (Untungnya) bisa seribu dalam Rp3000, kan lumayan. Jika bisa menciptakan 10 bungkus ayam, dikotak-kotak dikalilah Rp3000," jelas Ulfa.

Baca juga: Sukarelawan Mak Ganjar Bagikan Bibit Pohon Mangga sekaligus Ajarkan Cara Budidaya ke Warga Saok Laweh

Selain menawarkan ilmu baru kreasi olahan ayam yang bisa jadi peluang usaha rumahan berbasis UMKM, Mak Ganjar juga berupaya mendorong peran perempuan yang turut menyumbangkan pendapatan keluarga.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: