Ribuan Peserta Ikuti Minangkabau Basepeda, Mahyeldi: Kesan Positif Mesti Dijaga

Minggu, 01 Oktober 2023, 12:15 WIB | Olahraga | Kab. Solok
Ribuan Peserta Ikuti Minangkabau Basepeda, Mahyeldi: Kesan Positif Mesti Dijaga
Gubernur Sumbar, Mahyeldi beserta rombongan, ikuti menjajal rute Minangkabau Basepeda Salingka Danau Singkarak, yang dilepas di Dermaga Danau Singkarak, Sabtu. (humas)

SOLOK (30/9/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menilai, upaya mempromosikan potensi lokal melalui penyelenggaraan even berskala nasional tercapai.

Indikator yang digunakan Mahyeldi, hadirnya ribuan peserta Minangkabau Basepeda Salingka Danau Singkarak, di Dermaga Singkarak, Sabtu. Even ini, tampak banyak diikuti masyarakat luar Sumbar.

"Acara ini diikuti peserta dari luar Sumbar seperti dari Lampung, Pekanbaru, Medan. Rata-rata mereka berada di sini selama 3 hari, sehingga ada perputaran ekonomi di sana. Ini sesuai dengan semangat yang selalu kita bangun, setiap kegiatan yang digelar, berdampak positif untuk masyarakat dan daerah," ungkap Mahyeldi usai pembukaan.

Dikatakan Mahyeldi, selain untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sumbar ke-78 yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, even ini juga bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata dan produk UMKM Sumbar secara nasional.

Baca juga: Ikan Endemik Danau Singkarak Terancam; Tiga Kapal Dikerahkan Lakukan Penertiban, 17 Jaring Disita

Mahyeldi berharap, setiap orang yang datang ke Sumbar, mendapatkan kesan positif sehingga mereka selalu berkeinginan untuk kembali.

Untuk mewujudkan itu, Mahyeldi minta seluruh pihak, memberikan dukungannya secara nyata, salah satunya dengan cara jadi tuan rumah yang baik bagi setiap tamu datang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon melaporkan. kegiatan yang digelar untuk memeriahkan HUT Provinsi Sumbar ke-78 tersebut, diikuti lebih kurang 10 ribu peserta,

Seluruh peserta dan akan menempuh rute mengelilingi Danau Singkarak sepanjang 58 Kilometer ke arah utara, dengan melalui beberapa titik checkpoint di sepanjang jalur lintasan.

Baca juga: Jala Apung Potensi Punahkan Populasi Ikan Bilih, Ini Arahan Gubernur Sumbar

Titik checkpoin pertama berada di Intake PLTA Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar dan yang kedua di Lapangan Ondoh, Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok. Kemudian, finish di Dermaga Singkarak.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH