10 Pabrik Aqua Raih Penghargaan Industri Hijau 2018

Rabu, 12 Desember 2018, 18:51 WIB | Olahraga | Kab. Solok
10 Pabrik Aqua Raih Penghargaan Industri Hijau 2018
Humas Aqua Solok, Asra'i menerima Penghargaan Industri Hijau 2018 dari Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato, sebagai perwakilan Pabrik Danone-Aqua Solok, salah satu dari 10 pabrik perusahaan yang bergerak di sektor air minum dalam kemasan itu, Rabu (

VALORAnews - Danone-Aqua raih Penghargaan Industri Hijau 2018 dari Kementerian Perindustrian. Penghargaan ini diraih atas upaya secara aktif dan bijak menggunakan sumber daya dan teknologi yang ramah lingkungan pada 10 pabriknya.

Kebijakan itu, dinilai mampu menciptakan efektivitas dan efisiensi bagi keberlanjutan operasional tiap pabrik. Penghargaan ini diberikan Menteri Perindustrian Republik Indonesia kepada perwakilan dari 10 Pabrik Danone-Aqua, Rabu (12/12/2018) di Jakarta.

"Saat ini, industri hijau sudah jadi tuntutan pasar seiring dengan semakin tingginya kepedulian pasar akan kelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan," kata Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, usai memberikan penghargaan.

Kesepuluh pabrik yang meraih Penghargaan Industri Hijau adalah Pabrik Aqua Mekarsari, Babakan Pari, Cianjur, Subang, Ciherang, Citeureup, Bekasi, Solok, Langkat dan Berastagi. Keberhasilan itu didasarkan pada hasil audit dan verifikasi lapangan oleh Tim Industri Hijau.

Baca juga: Ide Usaha Rumahan Depot Air! Begini Cara Gabung Mitra Aqua

Sejak 2010, Kementerian Perindustrian menyelenggarakan kegiatan Penghargaan Industri Hijau, sebagai salah satu upaya mendorong perusahaan industri manufaktur melakukan efisiensi penggunaan sumber daya material, energi, dan air dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Penghargaan Industri Hijau 2018 yang merupakan penyelenggaraan yang kesembilan kali ini, diberikan kepada perusahaan industri nasional yang terbagi dalam 3 kategori, yaitu Industri Besar, Industri Menengah, dan Industri Kecil. Upaya ini merupakan bentuk apresiasi serta motivasi pemerintah kepada sektor industri dalam negeri yang telah menerapkan prinsip-prinsip industri hijau dalam proses produksinya.

Airlangga menegaskan, penerapan konsep industri hijau mampu mendorong perusahaan untuk terus melakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi, dengan biaya yang rendah.

"Dalam rangka mempercepat penerapan industri hijau, Kemenperin mempunyai dua strategi utama yaitu melalui kegiatan penghargaan industri hijau dan sertifikasi industri hijau," tuturnya.

Baca juga: Aquabike Jetski World Championship Lake Toba 2023 Dihelat 23-26 November, Ini Target Gubernur Sumut

Sebagai bagian dari Danone, Danone-Aqua, pelopor perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia, memiliki visi One Planet One Health, yang percaya bahwa kesehatan masyarakat dan kesehatan bumi memiliki interkoneksi. Untuk menjaga agar bumi sehat dan lestari, perusahaan ini menerapkan Planet Sirkular dalam operasionalnya yaitu sirkular air, plastik dan karbon.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: