Digagas IASMA Landbouw Bukittinggi: Kembangkan Kawasan Bukapalipatar, Riza Falepi Siap Carikan Investor Tol Payakumbuh-Bukittinggi-Koto

Rabu, 29 Desember 2021, 19:25 WIB | Bisnis | Kota Payakumbuh
Digagas IASMA Landbouw Bukittinggi: Kembangkan Kawasan Bukapalipatar, Riza Falepi Siap...
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

Sementara itu, Ketua Umum IASMA Landbouw, Indrajaya Putra Januar menyampaikan, meski Bukapalipatar tak digagas untuk konteks tol saja, tapi lebih kepada pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur yang ada di daerah terkait di dalamnya.

"Masyarakat Sumbar sangat berkeinginan adanya percepatan pembangunan infrastruktur," ujarnya.

Kerjasama kawasan ini, sambung Indrajaya, fokusnya adalah untuk pembangunan infrastruktur yang terintegrasi seperti jalan, jembatan, pembuangan sampah, saluran air minum, drainase dan pembangunan sarana dan prasarana lainnya.

"Yang penting adalah adanya kerjasama antar kota kabupaten dengan cara win-win solution," ungkap Indrajaya via telepon seluler.

"Potensi anggaran yang dibutuhkan sangat besar yang harus dihitung bersama dalam masterplan-nya dan semuanya itu akan menggunakan APBN, karena kita semua sadari bahwa APBD Sumatera Barat relatif kecil," jelasnya.

Indrajaya menambahkan, target yang ingin dicapai tentunya agar terjadi sinergi seluruh potensi wisata yang ada di Bukapalipatar dengan konsep saling menguntungkan bagi semua daerah.

"Prinsip Keuntungan Kawasan juga merupakan kepentingan regional dan nasional. Diharapkan Bukapalipatar bisa menjadi destinasi pariwisata prioritas di Indonesia," ungkapnya.

Program kerjasama kawasan ini memiliki segudang target pembangunan mulai dari pembangunan ekonomi, infrastruktur dan pariwisata serta sektor unggulan lainnya.

"Konsep ini diusulkan sejak 2014 lalu ke Kementerian PUPR, tetapi denyutnya baru terlihat pada awal tahun 2021 ini. Untuk melihat seperti apa program rintisan IASMA Landbouw Bukittinggi berjalan seperti sekarang," tukasnya.

Terkait kehadiran tol, Indrajaya tak menampik, kalau secara pendekatan kepada pembangunan, juga akan membantu akses jalan penghubung antar kota/kabupaten, artinya bisa mengurangi kemacetan seperti biasa terjadi di kawasan jalan lintas di Sumbar.

"Tol memang sudah dikonsep pemerintah dari Padang-Pekanbaru, bila pun melalui jalan di Bukapalipatar, secara fungsinya sangat bagus. Meski sampai kini membangun tol sulit di daerah kita," kata Indrajaya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: