Sumbar Gagas Gerakan Tabungan Pajak, Ini Tujuannya

Rabu, 01 Mei 2024, 18:15 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Sumbar Gagas Gerakan Tabungan Pajak, Ini Tujuannya
Gubernur Sumbar, Mahyeldi foto bersama dengan OPD yang meraih Penghargaan Optimalisasi Penerimaan dan Pelayanan PKB Sumbar Tahun 2024, Selasa. (humas)

PADANG (30/4/2024) - Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) luncurkan Gerakan Tabungan Pajak. Tujuannya, untuk memudahkan masyarakat dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

"Inovasi Tabungan Pajak ini, yang pertama di Indonesia. Ini juga jadi langkah nyata untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui realisasi penerimaan PKB," ungkap Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Selasa.

Menurut dia, Gerakan Tabungan Pajak ini akan memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. Karena, masyarakat berkesempatn untuk menabung lebih dulu.

"Nantinya, masyarakat tidak perlu ke Kantor Samsat lagi untuk membayar pajak," ujar Mahyeldi.

Baca juga: Gubernur Sumbar Inginkan Rumah Siti Nurbaya di Studio Alam TVRI Direvitalisasi, Ini Alasannya

Melalui Gerakan Tabungan Pajak, dia yakin, potensi terjadinya tunggakan pajak kendaraan bermotor dapat lebih ditekan.

Sementara, di sisi lain juga akan mengoptimalkan pendapatan daerah melalui penerimaan PKB.

"Program ini akan diluncurkan secara bertahap ke tengah masyarakat, yang dimulai dengan menjaring para wajib pajak dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sumbar," terangnya.

"Untuk menyukseskan program ini, tentu butuh dukungan dan sinergitas seluruh pihak terkait. Sebab, untuk meningkatkan optimalisasi PAD melalui pajak itu, tidak bisa dilakukan oleh satu atau dua pihak saja, melainkan butuh dukungan dan sinergi seluruh pihak," ujarnya.

Baca juga: Musfi Yendra Terbitkan Buku Kelima, Nurani Filantropis, Akan Diluncurkan Gubernur Sumbar

Sementara, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumbar, Syefdinon menyebutkan, Gerakan Tabungan Pajak adalah inovasi baru dimana Sumbar jadi provinsi pertama yang merancang dan menerapkannya.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: