Krisis Pangan Mengancam, Supardi: Pelaku UMKM akan jadi Perisai jika Besar dan Berkembang

Kamis, 22 Februari 2024, 21:51 WIB | Bisnis | Kota Payakumbuh
Krisis Pangan Mengancam, Supardi: Pelaku UMKM akan jadi Perisai jika Besar dan Berkembang
Ketua DPRD Sumbar, Supardi, saat memberikan arahan pada sosialisasi serta perkenalan sentra oleh-oleh dan kerajinan Minang 'Uda Sayang' di Kota Payakumbuh, Ahad (4/2/2024). (humas)

PAYAKUMBUH (22/2/2024) - Sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) selama ini, terbukti mampu menggeliatkan perekonomian di tengah masyarakat.

Untuk itu, ke depan tetap perlu perhatian dan sokongan yang lebih optimal lagi agar sektor tersebut kian berdaya dan kuat menghadapi tantangan ekonomi global.

"Sokongan dan dukungan ini harus kontinyu, berkelanjutan, tak boleh terhenti," ungkap Ketua DPRD Sumbar, Supardi.

Hal itu dikatakan Supardi, saat menghadiri kegiatan sosialisasi serta perkenalan sentra oleh-oleh dan kerajinan Minang 'Uda Sayang' di Kota Payakumbuh, Ahad (4/2/2024).

Baca juga: 8 Rekomendasi Produk UMKM Paling Banyak Diminati! Cocok Untuk Ide Usaha di Rumah

Menurutnya, jika hal itu dilakukan secara konsisten oleh pemerintah, perekonomian Sumbar akan semakin kuat.

Sokongan itu, katanya, bertujuan untuk membuka gerbang promosi para UMKM. Terutama UMKM yang memasarkan inovasi produk keragaman kekayaan adat dan budaya Sumbar.

Menurut Supardi, sudah banyak pengamat ekonomi yang mengatakan bahwa keadaan di Indonesia saat ini memperlihatkan kecenderungan akan terjadinya krisis pangan.

"Ya, ini tentu kabar yang mengkhawatirkan, apalagi UMKM juga dinilai akan jadi salah satu korban utama yang terpuruk dikala krisis pangan terjadi," ujarnya.

Baca juga: UMKM Lokal Difasilitasi Pameran di HUT Satpol PP ke-74 dan Satlimas ke-62

Karena, banyak UMKM yang bergerak di sektor kuliner. Jika bahan baku untuk membuat produk kuliner ini berada dalam kondisi langka, tentu saja UMKM bisa sangat kesulitan.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: