Digagas IASMA Landbouw Bukittinggi: Kembangkan Kawasan Bukapalipatar, Riza Falepi Siap Carikan Investor Tol Payakumbuh-Bukittinggi-Koto

Rabu, 29 Desember 2021, 19:25 WIB | Bisnis | Kota Payakumbuh
Digagas IASMA Landbouw Bukittinggi: Kembangkan Kawasan Bukapalipatar, Riza Falepi Siap...
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

PAYAKUMBUH (27/12/2021) - Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi meminta Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi memperjuangkan ruas tol Payakumbuh-Bukittinggi-Koto Baru ke Presiden Joko Widodo. Dibangunnya jalan tol yang melewati tiga daerah ini, akan membuat konsep kawasan wisata strategis Bukapalipatar bisa berkembang cepat.

Bukapalipatar adalah kerjasama kawasan yang digagas oleh Alumni SMAN 1 Bukittinggi (IASMA Landbouw-red), yang diambil dari singkatan nama daerah Bukittinggi, Agam, Payakumbuh, Limapuluh Kota, Padang Panjang dan Tanah Datar.

"Sebelum jalan tol menyambung keseluruhan, perlu dikerjakan segmen yang lebih mudah dan tidak berbiaya tinggi lebih dulu. Dengan latar pemikiran seperti itu, ruas tol Payakumbuh-Bukittinggi-Koto Baru (Tanah Datar) layak diperjuangkan," ungkap Riza pada media, Senin.

Dikatakan, ruas Tol Pekanbaru-Padang, baru selesai pengerjaannya dari Pekanbaru hingga Bangkinang. Dari Padang, pengerjaannya baru segmen Padang-Sicincin dikerjakan. Sementara, dari Sicincin ke Bangkinang melalui Bukittinggi dan Limapuluh Kota atau yang di luar itu, belum ada perkembangan sama sekali.

Baca juga: Dewan Penasehat dan Pakar PKS Payakumbuh Dikukuhkan, 8 Kursi jadi Target di Pemilu 2024

Menurut Riza, biaya pembangunan ruas tol di sekitar Lembah Anai dan Kelok Sembilan, bisa 3-4 kali ruas tol biasa. "Biarlah itu nanti saja, setelah tol yang sekarang sudah untung (ruas Payakumbuh-Bukittinggi-Kotobaru-red) dan itu yang paling terakhir diekseskusi dalam pembuatan jalur tol yang direncanakan," ungkap Riza Falepi.

Kenapa Riza sangat bersikukuh untuk ini sementara ruas tol itu tidak melewati Kota Payakumbuh yang dipimpinnya?

Menurut Riza, selama ini, beberapa ruas jalan di Sumbar kondisinya kalau tidak macet, ya jelek. "Apabila ada jalur tol Payakumbuh-Bukittinggi-Koto Baru, kalau ini selesai, maka persoalan wisata juga selesai," urai dia.

Kemudian, jelas Riza, dengan adanya Tol Payakumbuh-Koto Baru ada akses ke Bukittinggi dan akses dari Baso ke Batusangkar. Ini juga mengatasi persoalan jalan yang kecil seperti antara Payakumbuh-Batusangkar, Bukittinggi-Batusangkar, maupun Padang Panjang-Batusangkar.

Baca juga: Asrul Serahkan Cenderamata ke Wako dan Wawako Payakumbuh yang akan Masuki Purna Tugas

"Persoalan jalan untuk sementara bisa diselesaikan dulu. Kita berharap gubernur bisa memperjuangkan kepada presiden agar menjadikan jalan ini sebagai program pertama dari Bukapalipatar. Sementara, program budaya dan segala macam sudah banyak pihak yang bisa mengerjakan," kata Riza.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: