Digagas IASMA Landbouw Bukittinggi: Kembangkan Kawasan Bukapalipatar, Riza Falepi Siap Carikan Investor Tol Payakumbuh-Bukittinggi-Koto

Rabu, 29 Desember 2021, 19:25 WIB | Bisnis | Kota Payakumbuh
Digagas IASMA Landbouw Bukittinggi: Kembangkan Kawasan Bukapalipatar, Riza Falepi Siap...
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.

Jadi, sebut Riza, dia meminta ini jadi program utama dulu sebelum program lain. Kalau hotel, bisa swasta membuatnya. "Pusat tempat wisata di Sumbar bisa dikembangkan, tapi syaratnya ini (akses jalan) dulu harus mendukung," terangnya.

"Mohon kiranya perhatian Presiden Jokowi dan perhatian Gubernur Mahyeldi agar memprioritaskan jalan Batusangkar, Payakumbuh, dan Bukittinggi sehingga 3 daerah ini menjadi pusat pertumbuhan wisata baru," tambah Riza.

"Karena, tiga daerah ini satu kesatuan wisata yang tak bisa dipisahkan. Payakumbuh kaya secara kuliner tapi hotelnya kurang, maka dicover oleh Bukittinggi. Tempat wisata yang ada di Bukittinggi bisa dilebarkan service-nya ke Payakumbuh dan Batusangkar," terang Riza.

Baca juga: Arus Lalulintas di Payakumbuh Lancar, Riza: Angkot Topi untuk Personel PAM Lebaran

Ditambahkan Riza, dengan adanya akses jalan yang baik, akan membuat waktu pelancong jadi efektif. Karena, hanya cukup satu hari, orang sudah bisa berjalan-jalan dengan paket wisata yang jadi lebih murah. Hal ini juga berimbas pada kontinuitasnya intens.

"Tadinya orang ke Sumbar sekali setahun, jika ada ruas tol, maka bisa sekali sebulan. Sasaran kita yang pertama adalah orang Ninang di rantau seperti Jabodetabek, Riau dan Batam. Mereka yang berpeluang sering pulang dan berwisata. Kita harapkan bisa 7 kali setahun, tak sekali setahun lagi," ungkap Riza.

Riza juga menyebut dia bisa mencarikan investor kalau perlu. "Selama ini kan investornya PT HKI secara penugasan, tapi saya bisa juga mencarikan peluang," tukasnya.

Di akhir wawancaranya, Riza berharap ruas jalan tol Pangkalan sampai Sicincin jangan ditunda semua, kalau bakal menjadi batal berkepanjangan orang nanti malas ke Sumbar.

"Masyarakat Riau adalah wisatawan lokal yang menjanjikan. Payakumbuh merasakan manfaat orang berwisata kuliner ke kota randang."

"Kalau bisa buat jalan tol segmen tambahan sebagai cara mempercepat pertumbuhan pariwisata Sumbar, maka dengan sendirinya gubernur tak capek mencari pertumbuhan ekonomi baru, saya yakin dengan adanya jalan ini sudah bisa menggerakkan ekonomi kita," tegas Riza.

Saling Menguntungkan

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: