Ini Penilaian Fadly Amran tentang Jalan Tol Padang-Pekanbaru

Kamis, 28 Oktober 2021, 23:56 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Ini Penilaian Fadly Amran tentang Jalan Tol Padang-Pekanbaru
Tangkapan layar Wako Padang Panjang, Fadly Amran saat tampil di cara Evening Up CNBC, Kamis. (kominfo)

PADANG PANJANG (28/10/2021) - Dalam acara Evening Up yang disiarkan stasiun televisi CNBC Indonesia, Kamis, Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran mengatakan, kota yang dipimpinnya itu mendukung rencana pembangunan tol Padang-Pekanbaru. Jalur tol ini bakal melewati empat kelurahan yang ada di kota Serambi Mekkah ini yang rencananya masuk dalam pembangunan fase 2.

"Padang Panjang sudah melakukan persiapan dalam pembebasan lahan. Sejauh ini pembicaraan berjalan lancar, dengan melakukan perbincangan bersama ninik mamak dan masyarakat setempat terkait pembebasan lahan yang nantinya akan dilewati sebagai exit toll Pekanbaru-Padang pada pembangunan fase 2," sebutnya.

Dikatakan Fadly, Pemko sudah membentuk tim yang menyosialisasikan ke masyarakat terkait adanya pembebasan lahan yang akan dilakukan.

Dari empat kelurahan yang akan dilewati, Fadly mengungkapkan ada lahan-lahan produktif, seperti lahan pertanian dan saluran irigasi. Hal ini sudah ditentukan bersama DPRD. Pemko juga sudah menjalin komunikasi dengan pihak konsultan dan pihak kontraktor PT. Hutama Karya.

Baca juga: Pembicaraan Ganti Rugi Exit Tol Tarok City masih belum Rampung, Anggaran Tersedia dengan Skema BKK

"Sudah ada rekayasa-rekayasa teknis yang nantinya dilakukan, tentu tidak akan merugikan. Kita juga mencari alternatif sehingga lahan-lahan produktif ini tetap berlangsung dengan baik," tuturnya.

Terkait tanah ulayat, disebutkannya, perlu komunikasi yang ekstra dengan pemangku adat, ninik mamak. "Perlu komitmen dari masyarakat dan pemerintah juga mempunyai komitmen yang sama untuk percepatan. Saya rasa ini bisa dilakukan," kata Fadly optimistis.

Jalan tol ini, katanya, merupakan program strategis nasional dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Padang Panjang yang ditargetkan masuk dalam pembangunan fase 2, akan memiliki exit tol yang tentu menguntungkan dan mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Kami juga sudah menyuarakan ini kepada gubernur supaya percepatan bisa dilakukan. Sehingga fase-fase berikutnya bisa terlaksana sesuai dengan kurun waktu yang ada. Kami berharap ini bisa dilanjutkan, agar bermanfaat bagi keberlangsungan ekonomi Sumbar dan khususnya Padang Panjang," ucapnya.

Baca juga: Gubernur Sumbar Ajak Danrem 032/Wbr Susuri Jalan Tol Padang-Sicincin dengan Motor Trabas

Rencana pembangunan exit tol di Padang Panjang, katanya lagi, akan berdampak bagi ekonomi masyakarat. Bisa menumbuhkan pusat-pusat perekonomian baru, baik dari sektor perdagangan maupun pertanian hingga pariwisata.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: